Model Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Ibadurrahman Ciruas Kabupaten Serang dan MI Al-Khairiyah Pipitan Kota Serang Provinsi Banten.

Saepudin, Saepudin (2019) Model Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Ibadurrahman Ciruas Kabupaten Serang dan MI Al-Khairiyah Pipitan Kota Serang Provinsi Banten. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER TESIS 2018.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (68kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
KATA PENGANTAR DAN ABSTRAK 2.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (58kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (52kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (51kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (50kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB)
[img] Teks (BIBLIOGRAFI)
BIBLIOGRAFI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (31kB)

Abstrak

Nama:Saepudin.NIM:1640100386. Dengan judul Tesis Model Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Ibadurrahman Ciruas Kabupaten Serang dan MI Al-Khairiyah Pipitan Kota Serang Provinsi Banten. Untuk meningkatan kualitas pendidikan nasional, maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama melakukan pengembangan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menjadi Kurikulum 2013, yang dalam penerapannya dikuatkan dengan pendampingan implementasi kurikulum 2013 di sekolah dan madrasah. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Mengetahui modelpendampingan kurikulum 2013 yang diterapkan di Sekolah Dasar dan di Madrasah Ibtidaiyah. (2). Mengetahui implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar dan di Madrasah Ibtidaiyah. (3). Mengetahui dampak yang ada dari pendampingan implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar dan di Madrasah Ibtidaiyah. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai tambahan informasi, pengetahuan, motivasi belajar, dan sumbangsih pemikiran dari peneliti dan nara sumber untuk kepentingan akademik dan umum. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yang bertujuan untuk menggali data dan informasi mengenai pendampingan implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan pada dua sekolah, yaitu SDIT Ibadurrahman Ciruas Kabupaten Serang dan MI Al-Khairiyah Pipitan Kota Serang Provinsi Banten yang sudah melaksanakan implementasi kurikulum 2013. Hasil penelitian dan pembahasan adalah (1). Model pendampingan kurikulum 2013 di sekolah dasar berbentuk pelatihan yang dilaksanakan di gugus sekolah, sedangkan di madrasah ibtidaiyah yaitu berbentuk Bimtek dikegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG). (2). Implementasi kurikulum 2013 yang dilaksanakan di SDIT Ibadurrahman Ciruas sudah berjalan sejak tahun 2017 tetapi implementasi kurikulum 2013 baru diterapkan di kelas 1 dan 3, begitu juga di MI Al-Khairiyah Pipitan implementasi kurikulum 2013 baru diterapkan pada tahun 2017 di kelas 1 dan 3. (3). Dampak yang muncul pada pendampingan implementasi kurikulum 2013 diantaranya adalah terjalinnya hubungan yang searah antara sekolah dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan dan antara madrasah dengan Departemen Agama Kota Serang, Sekolah dan Madrasah lebih bermutu, bertambahnya wawasan dan ilmu pengetahuan Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah dan para Guru, Guru dan siswa lebih berkarakter, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran dan pembelajaran lebih nyaman dan menyenangkan. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam rangka penguatan dan penyempurnaan implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah maka pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Departemen Agama baik di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang ataupun di Kecamatan Walantaka Kota Serang Provinsi Banten melakukan bimbingan dan evaluasi kepada sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah dengan program pendampingan implementasi kurikulum 2013 secara berkesinambungan sampai seluruh sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang berada di provinsi Banten sudah menerapkan kurikulum 2013 pada semua kelas. Kata Kunci : Mentoring, Kurikulum 2013 dan Pendidikan Agama Islam. ABSTRACT Name: Saepudin. SRN: 1640100386. With the title of Thesis Model Assistance Implementation of 2013 Curriculum in Islamic Education Subjects in SDIT Ibadurrahman Ciruas, Serang Regency and MI Al-Khairiyah Pipitan, Serang City, Banten Province. To improve the quality of national education, the government through the Ministry of Education and Culture and the Ministry of Religion developed a curriculum from the Education Unit Level Curriculum to the 2013 Curriculum, which in its implementation was strengthened by assisting the implementation of the 2013 curriculum in schools and madrasas. The objectives of this study are: (1). Knowing the 2013 curriculum advocacy model applied in Elementary Schools and in Ibtidaiyah Madrasas. (2). Knowing the implementation of the 2013 Curriculum in Elementary Schools and in Islamic Elementary Schools. (3). Knowing the impact of mentoring in

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisi: Pascasarjana
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 19 Feb 2019 07:34
Perubahan Terakhir: 19 Feb 2019 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.