Nurrohman, Faqih (2018) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an (Studi di SMPN 3 Sobang Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
Cover.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (108kB) |
|
Teks (LAMPIRAN)
PENGESAHAN.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (17kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (36kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (46kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (41kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (313kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (23kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (20kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca Al-Qur’an siswa SMPN 3 Sobang, karena pendidikan agama dalam 1 (satu) minggu di SMPN hanya 2 jam pelajaran saja. Hal ini mengharuskan guru PAI harus membimbing extra dalam pembelajaran disekolah, salah satunya agar siswa mampu belajar dan membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Landasan teori penelitian ini adalah guru pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, guru adalah setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di SMPN 3 Sobang Kabupaten Pandeglang, dengan instrument penelitian meliputi : angket dan wawancara. Penulis juga mempelajari buku-buku/literature yang ada kaitannya dengan penelitian yang penulis lakukan sumber data dan populasi sebanyak 19 siswa kelas VII. Sedangkan sampel yang diambil oleh penulis sebesar 100% atau seluruh siswa kelas VII, sebanyak 19 x 100% = 19. Jadi sampelnya adalah 19 siswa. Hasil penelitian ini dari sampel 19 siswa kelas VII SMPN 3 SOBANG, ditemukan tedapat hubungan linear yang cukup signifikan antara Peran guru Pendidikan Agama Islam dengan minat baca Al-qur’an, dengan statistik product momen pearson. Ditemukan bahwa hubungan tersebut sebesar 0,563. Yang berarti cukup signifikan. Penelitian ini menunjukan bahwa tingginya frekuensi Peran guru pendidikan agama Islam diikuti tingginya frekuensi minat baca al-qur’an. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran guru agama islam dengan minat baca al-qu’an ada hungannya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 04 Des 2018 08:46 |
Perubahan Terakhir: | 04 Des 2018 08:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3103 |
Actions (login required)
Lihat Item |