Pengaruh Pembelajaran Menghafal al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Intelektual Siswa (Studi di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang).

Primanika, Silvia (2018) Pengaruh Pembelajaran Menghafal al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Intelektual Siswa (Studi di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
REVISI cover new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (278kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
HALAMAN Depan new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (420kB)
[img] Teks (BAB I)
REVISI BAB I FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (332kB)
[img] Teks (BAB II)
REVISI BAB II FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (511kB)
[img] Teks (BAB III)
REVISI BAB III FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (348kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (464kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (231kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (219kB)

Abstrak

Mengajarkan anak-anak untuk menghafal al-Qur’an adalah satu hal yang penting dan mulia. Terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif di sekolah sangat ditentukan oleh kecerdasan intelektual seorang pendidik dalam hal ini di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut : Bagaimana pembelajaran menghafal al-qur’an di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang?, bagaimana kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang?, apakah terdapat pengaruh pembelajaran menghafal al-Qur’an terhadap kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an, mengetahui kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang, dan mengetahui tingkat pengaruh pembelajaran menghafal al-Qur’an terhadap kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang. Manfaat Bagi Peneliti untuk menambah wawasan dan memberikan pengalaman yang sangat penting dan berguna sebagai calon tenaga pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data angket, dan dokumentasi. Sedangkan populasi ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 126 dan populasi tersebut dijadikan sampel 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis variabel pembelajaran menghafal al-qur’an dari hasil penyebaran angket diperoleh rentang nilai 32-33 dengan rata-rata sebesar 31,43 menunjukkan skor rata-rata tergolong tinggi. Variabel kecerdasan intelektual siswa diperoleh rentang nilai 53-55, dengan rata-rata sebesar 53,62 menunjukkan bahwa skor rata-rata tergolong tinggi. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran menghafal alQur’an terhadap kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy = 0,41 dan thitung = 2,69 lebih besar dari ttabel pada a = 0,05 yaitu 1,69.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.15 Nasikh dan Mansukh
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 22 Nov 2018 01:29
Perubahan Terakhir: 22 Nov 2018 01:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.