Primanika, Silvia (2018) Pengaruh Pembelajaran Menghafal al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Intelektual Siswa (Studi di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
REVISI cover new.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (278kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
HALAMAN Depan new.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (420kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
REVISI BAB I FIX.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (332kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
REVISI BAB II FIX.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (511kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
REVISI BAB III FIX.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (348kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (464kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (231kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (219kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Mengajarkan anak-anak untuk menghafal al-Qur’an adalah satu hal yang penting dan mulia. Terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif di sekolah sangat ditentukan oleh kecerdasan intelektual seorang pendidik dalam hal ini di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut : Bagaimana pembelajaran menghafal al-qur’an di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang?, bagaimana kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang?, apakah terdapat pengaruh pembelajaran menghafal al-Qur’an terhadap kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an, mengetahui kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang, dan mengetahui tingkat pengaruh pembelajaran menghafal al-Qur’an terhadap kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang. Manfaat Bagi Peneliti untuk menambah wawasan dan memberikan pengalaman yang sangat penting dan berguna sebagai calon tenaga pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data angket, dan dokumentasi. Sedangkan populasi ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 126 dan populasi tersebut dijadikan sampel 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis variabel pembelajaran menghafal al-qur’an dari hasil penyebaran angket diperoleh rentang nilai 32-33 dengan rata-rata sebesar 31,43 menunjukkan skor rata-rata tergolong tinggi. Variabel kecerdasan intelektual siswa diperoleh rentang nilai 53-55, dengan rata-rata sebesar 53,62 menunjukkan bahwa skor rata-rata tergolong tinggi. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran menghafal alQur’an terhadap kecerdasan intelektual siswa di SMP IT Widya Cendekia Kota Serang. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy = 0,41 dan thitung = 2,69 lebih besar dari ttabel pada a = 0,05 yaitu 1,69.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.15 Nasikh dan Mansukh |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 22 Nov 2018 01:29 |
Perubahan Terakhir: | 22 Nov 2018 01:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3017 |
Actions (login required)
Lihat Item |