Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MAN 1 Kota Serang)

Noviyanti, Noviyanti (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MAN 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
CAVER PAI.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (61kB)
[img] Teks (BAB I -V)
Skripsi BAB 1-5.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (310kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MAN 1 Kota Serang dengan jumlah 299 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa untuk kelas kontrol dan 34 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: motivasi belajar pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 87,32. motivasi belajar pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 76,97. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata post-tes kedua kelompok diperoleh nilai t hitung sebesar 7,41, sedangkan t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 66 sebesar 2,00. Maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel yang berarti hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran reciprocal teching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XII IPS 3 MAN 1 Kota Serang. Adapun pengaruh penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebesar 13,44 %. Sedangkan sisanya 86,56 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 22 Nov 2018 01:29
Perubahan Terakhir: 22 Nov 2018 01:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3015

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.