Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMPN 4 Pandeglang).

Yuliani, Yesi (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMPN 4 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (485kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR ISI)
daftar isi....pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (238kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
Bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (426kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
Bab 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (536kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
Bab 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (830kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
Bab 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (163kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA....pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (148kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar Belakang Masalah, Sebagai pendidik perlu berpikir kritis dan kreatif untuk memunculkan ide-ide baru yang berkaitan dengan materi.seperti model pelajaran yang bisa membuat siswa aktif, kreatif dan memberikan suasana yang menyenangkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana minat belajar siswa SMPN 4 Pandeglang terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?, Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap minat belajar siswa SMPN 4 Pandeglang?, Apakah terdapat perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan siswa yang menggunakan metode konvensional? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui minat belajar siswa SMPN 4 Pandeglang dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model Pembelajaran Course Review Horay terhadap minat belajar siswa. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Hasil penelitian ini menjadi masukan yang positif bagi guru yang bertugas sebagai pendidik dan pengajar, untuk selalu berusaha membangkitkan minat belajar bimbingannya. Siswa dapat termotivasi untuk belajar lebih giat, Siswa akan menyukai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga belajar lebih giat. Sebagai motivasi dan wawasan untuk melakukan dan mengembangkan penelitian lain dan menambah kesiapan dalam mengajar, dapat menambahkan dan meningkatkan kualitas keilmuan serta menjadi pengalaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen kuasi, yaitu penelitian yang membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Jumlah populasi sebanyak 180 siswa dengan sampel 88 siswa kelas VIII SMPN 4 Pandeglang. Hasil dari penelitian ini adalah: Minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dari siswa yang menggunakan metode konvensional, dimana diperoleh nilai thitung sebesar 2.77 lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signfikansi 1% yakni 2.64. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Berdasarkan presentase skor rata-rata minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa sesudah perlakuan pada kelas eksperimen dari skor maksimal adalah (66,08/100) x 100% = 66,0%. Skor rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sesudah perlakuan pada kelas kontrol dari skor maksimal adalah (58,63/100) x 100% = 58,63%. Besarnya selisih presentase skor rata-rata minat belajar Pendidikan Agama Islam sesudah perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 66,08 – 58,63 = 7,45% dari skor maksimal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 14 Nov 2018 00:50
Perubahan Terakhir: 14 Nov 2018 00:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2904

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.