Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Tingkah Laku Siswa di SMPN 2 Kramatwatu.

Fitriyah, Hikmatul (2018) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Tingkah Laku Siswa di SMPN 2 Kramatwatu. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
cofer.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
Abstrak.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (37kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (45kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (74kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (181kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (55kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (28kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (36kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (31kB)

Abstrak

Pendidikan Agama Islam di sekolah sudah dipelajari, namun banyak siswa yang masih belum mengamalkan setiap pelajaran yang sudah diajarkan di sekolah. Akibatnya perilaku siswa banyak yang menyimpang dari akhlak mulia. Akhlak adalah perilaku sehari-hari yang dicerminkan dalam ucapan, sikap dan perbuatan. Akhlak diperlukan untuk pengembangan kualitas diri dalam membangun manusia yang berakhlakul karimah seutuhnya. Peran orangtua dan guru sangatlah berpengaruh dalam membentuk sikap, moral serta kepribadian siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kramatwatu? 2) Bagaimana tingkah laku siswa di SMPN 2 Kramatwatu? Dan 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap tingkah laku siswa di SMPN 2 Kramatwatu? Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kramatwatu, 2) Untuk mengetahui tingkah laku siswa di SMPN 2 Kramatwatu, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap tingkah laku siswa di SMPN 2 Kramatwatu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebesar 150 siswa yang terdiri dari lima ruang kelas VIII SMPN 2 Kramatwatu tahun 2017/2018. Sedangkan sampel dari populasi tersebut sebanyak 38 siswa yang di jadikan sebagai sampel untuk penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: hasil perhitungan statistik dengan pengujian hipotesis penelitian, perhitungan koefisien korelasi memperoleh nilai 0,64, dengan interpretasi menggunakan r’ product moment memiliki kategori kuat. Adapun hasil uji hipotesis menggunakan uji ‘t’, memperoleh nilai thitung = 29,81 dan nilai ttabel = 1,67, artinya thitung > ttabel yaitu 29,81 > 1,67. Dengan demikian jawaban hipotesis adalah Ha diterima dan penolakan terhadap hipotesis Ho, dengan kesimpulannya adalah terdapat pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Tingkah Laku Siswa di SMPN 2 Kramatwatu. Sedangkan besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 40,96 %.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 05 Nov 2018 02:00
Perubahan Terakhir: 05 Nov 2018 02:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2686

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.