Fitriyah, Hikmatul (2018) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Tingkah Laku Siswa di SMPN 2 Kramatwatu. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Abstrak
Pendidikan Agama Islam di sekolah sudah dipelajari, namun banyak siswa yang masih belum mengamalkan setiap pelajaran yang sudah diajarkan di sekolah. Akibatnya perilaku siswa banyak yang menyimpang dari akhlak mulia. Akhlak adalah perilaku sehari-hari yang dicerminkan dalam ucapan, sikap dan perbuatan. Akhlak diperlukan untuk pengembangan kualitas diri dalam membangun manusia yang berakhlakul karimah seutuhnya. Peran orangtua dan guru sangatlah berpengaruh dalam membentuk sikap, moral serta kepribadian siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kramatwatu? 2) Bagaimana tingkah laku siswa di SMPN 2 Kramatwatu? Dan 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap tingkah laku siswa di SMPN 2 Kramatwatu? Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kramatwatu, 2) Untuk mengetahui tingkah laku siswa di SMPN 2 Kramatwatu, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap tingkah laku siswa di SMPN 2 Kramatwatu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebesar 150 siswa yang terdiri dari lima ruang kelas VIII SMPN 2 Kramatwatu tahun 2017/2018. Sedangkan sampel dari populasi tersebut sebanyak 38 siswa yang di jadikan sebagai sampel untuk penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: hasil perhitungan statistik dengan pengujian hipotesis penelitian, perhitungan koefisien korelasi memperoleh nilai 0,64, dengan interpretasi menggunakan r’ product moment memiliki kategori kuat. Adapun hasil uji hipotesis menggunakan uji ‘t’, memperoleh nilai thitung = 29,81 dan nilai ttabel = 1,67, artinya thitung > ttabel yaitu 29,81 > 1,67. Dengan demikian jawaban hipotesis adalah Ha diterima dan penolakan terhadap hipotesis Ho, dengan kesimpulannya adalah terdapat pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Tingkah Laku Siswa di SMPN 2 Kramatwatu. Sedangkan besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 40,96 %.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2018 02:00 |
Perubahan Terakhir: | 05 Nov 2018 02:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2686 |
Actions (login required)
Lihat Item |