EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (Quasi Eksperimen di Kelas X MAN 2 Pandeglang)

Hasan, Kamil (2018) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (Quasi Eksperimen di Kelas X MAN 2 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
Cover prop.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (49kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB 1.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (33kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB 2.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (73kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB 3.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB 4.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (68kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB 5.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
Daftar isi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
lampiran utama.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (46kB)

Abstrak

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pembelajaran e-learning pada mata pelajaran SKI dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran SKI di kelas X MAN 2 Pandeglang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain control group pretest – posttest. Instrumen yang digunakan adalah dengan memberikan soal tes dalam bentuk objective test serta menggunakan blogspot. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil to 8,8 dengan Degrees of freedom (df) adalah 49. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan level 5% dan 1% dari degrees of freedom yang mana 5% dari df 49 adalah 1,68 dan 1% dari df 49 adalah 2,40. Perbandingan to dengan masing-masing hasil df, hasilnya yaitu 1,68 < 2,40 < 8,8. Nilai to lebih besar di bandingkan tt, alternatif hipotesis diterima dan hipotesis noll ditolak. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 69,61 dan kelas kontrol yaitu 59,8. Hal tersebut berarti bahwa efektivitas media pembelajaran e-learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, sebagaimana telah di buktikan dari hasil perhitungan statistik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pihak sekolah hendaknya memberikan dukungan pada pengembangan media pembelajaran e-learning dengan memfasilitasi penggunaan internet di sekolah sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Hal tersebut agar proses pembelajaran tidak membosankan dan memberikan wawasan yang luas untuk siswa belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 05 Nov 2018 01:58
Perubahan Terakhir: 05 Nov 2018 01:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.