ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGIPEMASARAN PRODUK DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (Studi BMT El-hamid 156 Pekarungan Kota Serang)

ALWI, AHMAD (2018) ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGIPEMASARAN PRODUK DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (Studi BMT El-hamid 156 Pekarungan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (140kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (256kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (288kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (201kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (246kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13kB)

Abstrak

Baitul Maal wat Tamwil (BMT) merupakan suatu lembaga yang terdiri dari dua istilah, yaitu Baitul Maal dan Baitul Tamwil. Baitul Maal lebih mengarah pada usaha-usaha pengumpulan dan penyaluran dana yang non profit, seperti: zakat, infaq, dan sedekah. Adapun Baitul Tamwil sebagai usaha pengumpulan dan penyaluran dana komersial. Usaha-usaha tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari BMT sebagai lembaga pendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil dengan berlandaskan Islam. Lembaga ini didirikan dengan maksud untuk memfasilitasi masyarakat bawah yang tidak terjangkau oleh pelayanan bank Islam atau BPR Islam. Prinsip operasinya didasarkan atas prinsip bagi hasil, jual beli (Ijarah), dan titipan (Wadiah). Karena itu, meskipun mirip dengan Bank Islam, bahkan boleh dikata menjadi cikal bakal dari Bank Islam, BMT memiliki pangsa pasar tersendiri, yaitu masyarakat kecil yang tidak terjangkau layanan perbankan serta pelaku usaha kecil yang mengalami hambatan “psikologis” bila berhubungan dengan pihak bank. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan rumusan masalahnya: 1) Bagaimana strategi pemasaran produk BMT El-Hamid 156? ? 2) Apakah strategi-strategi itu efektif? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui apa saja produk BMT ElHamid 156. 2) Mendiskripsikan strategi pemasaran BMT El-Hamid 156 dalam memasarkan produknya. 3) Mengetahui apakah strategi yang digunakan BMT ElHamid 156 sudah efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu metode dengan menggambarkan permasalahan peristiwa baik melaluiresponden ataupun sumber data lain yang terkait dengan BMT EL-HAMID 156. Kesimpulan penelitian ini bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh BMT El-Hamid 156 untuk dalam penjualan produk BMT yaitu dengan: Meluruskan Niat, Jemput Bola, seluruh karyawan difungsikan sebagai marketing dan dai,memperluas jaringan, menjadi sponsor dalam kegiatan bakti sosial, menekan biaya pemasaran serendah mungkin, dan meningkatkan kualitas layanan terhadap nasabah / anggota BMT El-Hamid 156 dengan fasilitas-fasilitas yang dimiliki BMT El-Hamid156

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 30 Okt 2018 13:08
Perubahan Terakhir: 30 Okt 2018 13:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2624

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.