PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA (Studi di MA Hidayatul Ummah Kabupaten Tangerang

SITI IDA, HAMIDAH (2018) PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA (Studi di MA Hidayatul Ummah Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img] Teks (BAGIAN DEPAN)
PERYATAAN KEASLIAN SKRIPSI new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (369kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (168kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (324kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (188kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (526kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (175kB)

Abstrak

Guru professional merupakan Salah Satu faktor utama yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran. Mengingat bahwa keberadaan Guru sangat berpengaruh dalam proses kegiatan belajar mengajar maka sudah semestinya kualitas dan kompetensi Guru harus diperhatikan dan ditingkatkan. Kemampuan profesional Guru yang saat ini dibutuhkan oleh para siswa sebagaimana Guru mampu memikul dan melaksanakan tanggung jawab sebagai Guru kepada peserta didik, orang tua, masyarakat, bangsa dan agamanya. Rumusan masalah dalam enelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi professional Guru di MA Hidayatul Ummah Tangerang? 2) Bagaimana Prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa di MA Hidayatul Ummah Tangerang? 3) Bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi professional Guru PAI terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa di MA Hidayatul Ummah Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi professional Guru dalam mengajar di MA Hidayatul Ummah Tangerang. 2) Untuk mengetahui Prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa di MA Hidayatul Ummah Tangerang. 3) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi professional Guru dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa di MA Hidayatul Ummah Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode deskriptif (pemaparan). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif (perhitungan), dalam pendekatan kuantitatif penulis lakukan dengan nilai angket dan nilai hasil rapot kelas xi ma hidayatul ummah tangerang tahun ajaran 2016-2017. Simpulan dari penelitian ini diperoleh dari hasil analisis uji normalitas diperoleh data variabel x = x2 hitung (5,63) dan x2tabel (9,49) jadi x2hitung ≤ x2tabel dan dari variabel y = x2 hitung (5,15) dan x2tabel (9,49) jadi x2hitung ≤ x2tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pada koefisien korelasi 0,64 setelah dikonsultasikan dengan table interpretasi “r” product moment angka berada pada 0,40-0,70 artinya terdapat pengaruh antara variabel x dan y yang sedang atau cukup.dan pada uji hipotesis diperoleh t hitung (6,51) ≥ t table (1,67) maka dengan demikian hipotesis (ho) ditolak sedangkan (ha) diterima maka antara persepsi siswa tentang kompetensi professional guru dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar aqidah akhlak yang difokuskan pada siswa kelas XI MA Hidayatul Ummah Kp/Ds Pabuaran Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang Provinsi Banten berpengaruh positif, adapun kontribusi variabel x dengan variabel y dikethui sebesar 40,96% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor-faktor lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kompetensi Professional, Prestasi dan Aqidah Akhlak
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 19 Okt 2018 02:32
Perubahan Terakhir: 19 Okt 2018 02:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.