PENGARUH PENERAPAN METODE ROTE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS TERHADAP KEBERHASILAN MEMBACA AL-QUR’AN(Studi di MTs Negeri 2 Kota Serang

LUTFIYAH, EVA (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE ROTE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS TERHADAP KEBERHASILAN MEMBACA AL-QUR’AN(Studi di MTs Negeri 2 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER UIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (98kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (424kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (234kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (778kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (412kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (508kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (188kB)

Abstrak

Hafalan atau ingatan merupakan suatu aktivitas kognitif dalam menerima, menyimpan dan mereproduksi kembali suatu pengetahuan yang telah dipelajaridan kesan - kesan masa lalu yang telah diperoleh dari proses belajar yang kemudian pada suatu saat dapat dikelua rkan dan digunakan kembali. Dalam pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits ini metode rote learning sangat berpengaruh khususnya pada Al - Qur’an untuk mencapai keberhasilan membaca Al - Qur’an siswa di MTs Negeri 2 Kota Serang yang baik dan sesuai dengan harapan, karena dengan cara menghafal atau mengingat berbagai macam ilmu tajwid akan memudahkan peserta didik dalam membaca Al - Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan metode rote lear ning dalam pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits di MTs Negeri 2 Kota Serang?, 2) Bagaimana keberhasilan membaca Al - Qur’an siswa MTs Negeri 2 Kota Serang?, 3) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode rote learning dalam pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits terha dap keberhasilan membaca Al - Qur’an MTs Negeri 2 Kota Serang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pen erapan metode rote learning dalam pembelajaran ilmu tajwid, mengetahui keberhasilan siswa dalam membaca Al - Qur’an, dan mengetahui pengaruh penerapan metode rote learning dalam pembelajaran Ilmu tajwid terhadap keberhasilan membaca Al - Qur’an di MTs Negeri 2 Kota Serang. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Kota Serang dengan jumlah s ubjek yang dijadikan sampel sebanyak 30 siswa. Metod e yang digunakan dalam penelitian i ni adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observa si, wawancara, tes, dan angket. B erdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan Product Moment ( r xy ) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,90 , setelah di interpretasikan, skor koefisien korelasi berada pada 0,71 – 0,90, maka interpretasinya adanya pengaruh yang tinggi yaitu sebesar 81 % antara metode rote learning dalam pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits dengan keberhasilan membaca Al - Qur’an , Sedang kan sisanya 19 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.2 Al-Quran dan terjemahnya
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 11 Jul 2018 05:00
Perubahan Terakhir: 11 Jul 2018 05:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.