Umah, Inayatul (2018) Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Disiplin Ibadah Shalat Pada Siswa (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam di Kp. Suren-Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (200kB) |
||
Teks (ABSTRAK)
abstrak.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (15kB) |
||
|
Teks (BAB I)
BAB 1 DELIS.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (325kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (194kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (111kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV..pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (239kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (19kB) |
Abstrak
Kedisiplinan berasal dari kata disiplin yang berarti tata tertib, peraturan. Jadi disiplin adalah suatu yang berkenaan dengan pengendalian diri seseorang terhadap bentuk-bentuk aturan. Peraturan dimaksud dapat ditetapkan oleh orang-orang yang bersangkutan maupun berasal dari luar. Bahwa sesungguhnya melatih anak untuk mencintai shalat perlu membutuhkan kebijaksanaan dan kesabaran. Orang tua yang rajin dan mempunyai disiplin dalam shalat, Insya Allah akan sangat bermanfaat banyak dan menjadi teladan yang baik bagi belahan jiwanya, yakni menjadi anak-anak yang shaleh dan sholehah yang taat beribadah kepada Allah SWT. Orang tua harus memberikan pendidikan agama sejak dini salah satunya adalah yang dilaksanakan di sekolah-sekolah agama upaya untuk anak mau melaksanakan shalat dan di upayakan di didik oleh guru. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kondisi psikologis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam?, 2. Bagaimana kegiatan keagamaan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam?, 3. Bagaimana upaya guru menerapkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan format desain deskriptif, yaitu memberikan gambaran terhadap subyek dan obyek penelitian secara apa adanya. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi , wawancara, dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam masih kurangnya kesadaran diri dan kurang disiplin terutama dalam ibadah shalat. Guru bidang Studi Fiqih untuk mengupayakan siswa-siswanya agar disiplin ibadah shalat menggunakan layanan bimbingan kelompok dan ini akan memberikan pengaruh baik untuk siswanya dalam hal ibadah shalat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 30 Jun 2018 02:42 |
Perubahan Terakhir: | 03 Apr 2024 04:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2207 |
Actions (login required)
Lihat Item |