Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’ān dan Ḥadīs (Studi di kelas VIII MTs Darul Irfan Kota Serang, Provinsi Banten).

Suja'i, Muhamad (2025) Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’ān dan Ḥadīs (Studi di kelas VIII MTs Darul Irfan Kota Serang, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210107_COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_PAI_201210107_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (873kB)
[img] Teks
S_PAI_201210107_BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Teks
S_PAI_201210107_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (554kB)
[img] Teks
S_PAI_201210107_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (297kB)
[img] Teks
S_PAI_201210107_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (603kB)
[img] Teks
S_PAI_201210107_BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Teks
S_PAI_201210107_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’ān dan Ḥadīs di kelas VIII MTs Darul Irfan Kota Serang dan untuk menguji pengaruh strategi Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment, dimana kelompok eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test), dengan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Active Knowledge Sharing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi ini. Pada kelas eksperimen, nilai rata-rata post-test mencapai 78,57, sedangkan pada kelas kontrol hanya 66,66. Uji t-test menunjukkan signifikansi <0,001, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi Active Knowledge Sharing berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’ān dan Ḥadīs di kelas VIII MTs Darul Irfan Kota Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Active Knowledge Sharing, Al-Qur’ān dan Ḥadīs, Hasil Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 25 Sep 2025 03:10
Perubahan Terakhir: 25 Sep 2025 03:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17612

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.