Suja'i, Muhamad (2025) Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’ān dan Ḥadīs (Studi di kelas VIII MTs Darul Irfan Kota Serang, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210107_COVER.pdf Download (90kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210107_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (873kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210107_BAB I.pdf Download (277kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210107_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (554kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210107_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (297kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210107_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (603kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210107_BAB V.pdf Download (102kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210107_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’ān dan Ḥadīs di kelas VIII MTs Darul Irfan Kota Serang dan untuk menguji pengaruh strategi Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment, dimana kelompok eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test), dengan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Active Knowledge Sharing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi ini. Pada kelas eksperimen, nilai rata-rata post-test mencapai 78,57, sedangkan pada kelas kontrol hanya 66,66. Uji t-test menunjukkan signifikansi <0,001, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi Active Knowledge Sharing berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’ān dan Ḥadīs di kelas VIII MTs Darul Irfan Kota Serang.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Active Knowledge Sharing, Al-Qur’ān dan Ḥadīs, Hasil Belajar |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 25 Sep 2025 03:10 |
| Perubahan Terakhir: | 25 Sep 2025 03:10 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17612 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
