Pengaruh Religiositas, Literasi Keuangan Syariah, dan Islamic Branding terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Angkatan 2021)

Alhamdi, Fariz (2024) Pengaruh Religiositas, Literasi Keuangan Syariah, dan Islamic Branding terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Angkatan 2021). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PBS_191420009_Cover.pdf

Download (205kB)
[img] Teks
S_PBS_191420009_Lampiran Depan.pdf

Download (841kB)
[img] Teks
S_PBS_191420009_Bab I.pdf

Download (190kB)
[img] Teks
S_PBS_191420009_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (664kB)
[img] Teks
S_PBS_191420009_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (419kB)
[img] Teks
S_PBS_191420009_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (641kB)
[img] Teks
S_PBS_191420009_Bab V.pdf

Download (8kB)
[img] Teks
S_PBS_191420009_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Berkembangnya Perbankan Syariah saat ini mempengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi nasabah Bank Syariah demikian pula beberapa aspek yang dapat mempengaruhi minat mahasiswa diantaranya religiositas, literasi keuangan syariah, dan Islamic branding. Adapun perumusan masalahnya adalah 1) apakah religiositas berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Syariah?. 2) apakah literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Syariah?. 3) apakah Islamic branding berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Syariah?. 4) apakah religiositas, literasi keuangan syariah, dan Islamic branding berpengaruh secara simultan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Syariah? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh religiositas, literasi keuangan syariah, dan Islamic branding terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini merupakan data primer. Metode yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas, serta menggunakan uji hipotesis diantaranya uji-F dan uji-t, uji regresi liniear berganda serta uji R-Square. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa religiositas dan literasi keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Syariah, sedangkan variabel Islamic branding berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah di Bank Syariah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Islamic branding, literasi keuangan syariah, minat, religiositas
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.S.I FN H
Tanggal Disetorkan: 15 Jul 2025 06:37
Perubahan Terakhir: 15 Jul 2025 06:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17131

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.