Suherni, Eneng Siti (2025) Manajemen Pembelajaran Alqur'an Metode Yanbu'a di Pondok Pesantren Mathla'un Nawakartika Kecamatan Cisata Pandeglang - Banten. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
T_MPI_222625107_Cover.pdf Download (173kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625107_Lampiran Depan.pdf Download (865kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625107_BAB I.pdf Download (271kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625107_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (914kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625107_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (192kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625107_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (422kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625107_BAB V.pdf Download (256kB) |
![]() |
Teks
T_MPI_222625107_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstrak
Antusiasme lembaga pendidikan dalam pembelajaran Alqur‟an sedang dalam situasi yang tinggi, para lembaga pendidikan berlomba menonjolkan kemampuan membaca dan menghafal Alqur‟an untuk menciptakan generasi yang mampu membaca dan menghafal sesuai makhrojil huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Manajemen Pembelajaran Alqur‟an metode Yanbu‟a di Pondok Pesantren Mathla‟un Nawakartika Cisata Pandeglang. 2) Kegiatan pelaksanaan pembelajaran Metode Yanbu‟a di Pondok Pesantren Mathla‟un Nawakartika. 3) Hasil dan dampak Pembelajaran Alqur‟an Metode Yanbu‟a di Pondok Peantren Mathla‟un Nawakartika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Dengan jenis penelitian (field Research) dan bersifat kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan Data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengolahan data untuk mencari kevalidan data, peneliti menggunakan triangulasi lalu triangulasi dianalisis data (analisis deskriptif kualitatif). Hasil dari penelitian ini adalah manajemen pembelajaran Alqur‟an Metode Yanbu‟a di Pondok Pesantren athla‟un Nawakartika Kecamatan Cisata, Pandeglang meliputi perencanaaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Perencanaan dimulai dengan menyiapkan guru pengajar guna menerapkan Metode Yanbu‟a merupakan metode baru yang akan diterapkan di Pondok Pesantren Mathla‟un Nawakartika selama 3 bulan lamanya untuk belajar metode tersebut di Kudus yang kemudian di fasihkan. Dalam pengorganisasiannya, sumber daya manusia yang terlibat diantaranya pengajar, kepala pelaksanaan, kepala bagian pengajaran, pimpinan, santri dan orang orang yang berada pada naungan Lajnah Torikoh Baca Tulis Alqur‟an Metode Yanbu‟a Kudus. Pengawasan pembelajaran Metode Yanbu‟a dapat dilakukan baik secara langsung oleh pimpinan Pondok Pesantren Mathla‟un Nawakartika.Evaluasi dilaksanakan secara tertulis baik melalui pre test maupun post test. Sedangkan Evaluasi untuk pengajar dari segi keterlaksanaan diadakan rapat setiap satu bulan bulanan bahkan bisa mingguan sesuai urgensinya dengan pimpinan. Pelaksanaan pembelajaran yang menjadi langkah pokok dalam keseluruhan proses program pengajaran yaitu, Evaluasi Harian (formatif), Evaluasi Kenaikan Jilid (sumatif), Evaluasi Akhir (Takhtim/Wisuda) Evaluasi pembelajaran metode yanbu‟a suatu kegiatan untuk menindak lanjuti dari suatu proses pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian hasil pemahaman siswa dalam menerima pelajaran serta untuk mengukur suatu keberhasilan dari metode yang telah diterapkan maka evaluasi sangat diperlukan. Efektifitas hasil kegiatan dari sosialisasi metode Yanbu‟a diperoleh bahwa 80% peserta menyatakan kegiatan ini memberikan manfaat yang sangat baik untuk mendukung kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur‟an secara baik dan benar di Pondok Pesantren Mathla‟un Nawakartika. Selain itu, hasil observasi kepada para siswa (santri) menunjukkan adanya kemampuan memahami membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Yanbu‟a dengan skor rata-rata bagus atau pada kategori baik. Dampak yang diharapkan untuk perserta didik/siswa yang mengikuti Pembelajaran Alqur‟an Metode Yanbu‟a ini adalah mampu menerapkan di lingkungan siswa tersebut tinggal sehingga menjadi contoh dan motivasi bagi orang-orang yang ada di lingukangan sekitar mereka sehingga secara tidak langsung menjadi bahan sebagai promosi pondok pesantren.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | manajemen, pembelajaran alqur’an dan metode yanbu’a |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Feb 2025 04:40 |
Perubahan Terakhir: | 20 Feb 2025 04:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16425 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |