Implementasi Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Al-Khairiyah Badamusalam Kota Serang

Safuroh, Safuroh (2025) Implementasi Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Al-Khairiyah Badamusalam Kota Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_222621230_Cover.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
T_PAI_222621230_Lampiran Depan.pdf

Download (533kB)
[img] Teks
T_PAI_222621230_BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Teks
T_PAI_222621230_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (459kB)
[img] Teks
T_PAI_222621230_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (406kB)
[img] Teks
T_PAI_222621230_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (888kB)
[img] Teks
T_PAI_222621230_BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Teks
T_PAI_222621230_Daftar Pustaka.pdf

Download (988kB)

Abstrak

Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih banyak ditemukan guru yang belum mampu melakukan asesmen proses belajar dan asesmen hasil belajar yang mencakup tiga ranah baik afektif, kognitif maupun psikomotor secara bersamaan, sehingga guru cenderung mengabaikan kompetensi sikap dan psikomotorik, yang menjadikan siswa memiliki kompetensi rendah pada aspek afektif dan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi asesmen autentik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Al-Khairiyah Badamusalam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan angket untuk memperoleh data yang lengkap tentang implementasi asesmen autentik, serta dokumentasi untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya teknik pengujian dan keabsahan data menggunakan kepercayaan, ketergantungan, keteralihan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan implementasi asesmen autentik yang dilakukan guru PAI memperoleh skor , berada pada rentang 80% < B ≤ 90%, dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pelaksanaan asesmen autentik yang dilakukan guru PAI memperoleh skor mean berada pada rentang 80% < B ≤ 90%, dan termasuk kategori baik, 2) Data angket implementasi asesmen autentik pada mata pelajaran PAI, yang diberikan kepada 67 siswa kelas 9, memperoleh skor 80,2%, berada pada rentang 80% < B ≤ 90%, dan masuk dalam kategori baik, 3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas 9 di MTs Al-Khairiyah Badamusalam. Dimana pada asesmen awal, memperoleh skor rata-rata 78,4. Setelah adanya asesmen autentik skor rata-ratanya meningkat menjadi 85,3. Terjadi peningkatan sebesar 6,9 poin, dan peningkatan dari kategori cukup baik menjadi baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): asesmen, autentik, meningkatkan, hasil, belajar
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Feb 2025 07:38
Perubahan Terakhir: 14 Feb 2025 07:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16386

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.