Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Profesional terhadap Kemampuan Asesmen Guru PAI Sekolah Menengah Pertama di Gugus 04 Kabupaten Tangerang

Pitriani, Pipit (2025) Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Profesional terhadap Kemampuan Asesmen Guru PAI Sekolah Menengah Pertama di Gugus 04 Kabupaten Tangerang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_222621216_Cover.pdf

Download (133kB)
[img] Teks
T_PAI_222621216_Lampiran Depan.pdf

Download (707kB)
[img] Teks
T_PAI_222621216_BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Teks
T_PAI_222621216_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (470kB)
[img] Teks
T_PAI_222621216_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (330kB)
[img] Teks
T_PAI_222621216_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img] Teks
T_PAI_222621216_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
T_PAI_222621216_Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)

Abstrak

Berdasarkan UU RI No. 14 tahun 2005 pasal 10 tentang guru dan dosen bahwa guru harus memiliki kompetensi. Salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kecakapan guru dalam memahami, mengelola dalam pembelajaran mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan melakukan penilaian (asesmen). Namun pada kenyataannya masih ada beberapa guru yang belum memadai kemampuannya dalam melakukan asesmen. Asesmen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tugas dan kewajiban guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). menguji pengaruh pengalaman kerja terhadap kemampuan asesmen guru PAI Sekolah Menengah Pertama di gugus 04 Kabupaten Tangerang. 2) menguji pengaruh kompetensi profesional terhadap kemampuan asesmen guru PAI Sekolah Menengah Pertama di gugus 04 Kabupaten Tangerang. 3) menguji pengaruh interaksi pengalaman kerja dan kompetensi profesional terhadap kemampuan asesmen guru PAI Sekolah Menengah Pertama di gugus 04 Kabupaten Tangerang. Metode penelitan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan deskriptif inferensial. Adapun populasinya adalah semua guru PAI yang mengajar di SMP wilayah gugus 04 Kabupaten Tangerang ada sebanyak 86 guru dan sampel ditetapkan sebanyak 73 secara simpel random sampling. Sementara instrumen penelitian untuk pengalaman kerja dilihat dari masa kerja dengan empat kategori: <5 tahun, 5-10 tahun, 10-15 tahun, dan > 15 tahun. Variabel kompetensi profesional dapat dilihat dari guru yang tersertifikasi dan yang belum sertifikasi. Sedangkan kemampuan asesmen menggunakan instrumen tes kemampuan asesmen sebanyak 50 butir soal. Uji persyaratan normalitas menggunakan analisis Kolmogorov-Smirnov atau Shapiro-Wilk dan uji homogenitas dengan menggunakan analisis Levene's Test for Equality of Variances dengan kesimpulan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). terdapat pengaruh signifikan pengalaman kerja terhadap kemampuan asesmen guru PAI Sekolah Menengah Pertama di gugus 04 Kabupaten Tangerang (F=74,086; Sig < 0,05), (2) terdapat pengaruh signifikan Kompetensi Profesional terhadap kemampuan asesmen guru PAI Sekolah Menengah Pertama di gugus 04 Kabupaten Tangerang (t=4,905; Sig < 0,05), (3). tidak terdapat pengaruh interaksi pengalaman kerja dan kompetensi profesional terhadap kemampuan asesmen guru PAI Sekolah Menengah Pertama di gugus 04 Kabupaten Tangerang (F = 0,602; Sig >0,05).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): pengalaman kerja, kompetensi profesional, kemampuan asesmen
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Feb 2025 03:45
Perubahan Terakhir: 14 Feb 2025 03:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16383

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.