Al-Husainy, Siti Zahroh (2025) Pengaruh Keunggulan Produk dan Penerapan Nilai-Nilai Islam terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank BSI KCP Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PBS_201420118_Cover.pdf Download (11kB) |
![]() |
Teks
S_PBS_201420118_Lampiran Depan.pdf Download (325kB) |
![]() |
Teks
S_PBS_201420118_Bab I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Teks
S_PBS_201420118_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (329kB) |
![]() |
Teks
S_PBS_201420118_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (321kB) |
![]() |
Teks
S_PBS_201420118_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (396kB) |
![]() |
Teks
S_PBS_201420118_Bab V.pdf Download (73kB) |
![]() |
Teks
S_PBS_201420118_Daftar Pustaka.pdf Download (214kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah tentang pengaruh keunggulan produk dan penerapan nilai-nilai islam terhadap kepuasan nasabah bank syariah di BSI KCP Pandeglang. Adapun beberapa faktor yang digunakan sebagai indikator dalam keunggulan produk yaitu fitur, performa, kehandalan, daya tahan, estetika, dan kesan kualitas. Kemudian faktor dalam penerapan nilai-nilai islam adalah keadilan, kesederajatan, kejujuran, kebebasan, kerelaan, tertulis, dan faktor kepuasan nasabah indikatornya adalah pembelian ulang, merekomendasikan, dan setia. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang analisis datanya menggunakan aplikasi Statistical Package for the Sosial Sciences (SPSS) yang penafsiran pengaruh antar faktor tersebut termuat dalam uji parsial dan uji simultan. Lokasi penelitian dilakukan di BSI KCP Pandeglang dengan rentang waktu penelitian ± 1 (satu) bulan yang dilaksanakan pada tanggal 13 April 2024 – 13 Mei 2024. Informan/responden dalam penelitian ini adalah nasabah BSI yang berjumlah 99 nasabah. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder yang dipeloreh melalui kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa hasil uji parsial pada faktor keunggulan produk memiliki nilai t hitung sebesar 4.902 > t tabel sebesar 1.985 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Keunggulan Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada BSI KCP. Pandeglang. Kemudian hasil uji parsial pada faktor Nilai-Nilai Islam memiliki nilai thitung sebesar 3.810 > ttabel sebesar 1,985 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Nilai-Nilai Islam berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada BSI KCP. Pandeglang. Lebih lanjut, berdasarkan hasil uji simultan (uji-f), nilai fhitung sebesar 70.153 dengan nilai signifikan fhitung 0.000a < 0.05 dapat disimpulkan bahwa Keunggulan Produk (X1) dan Nilai-Nilai Islam (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y) pada BSI KCP. Pandeglang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keunggulan produk, nilai-nilai ISlam, kepuasan nasabah |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 13 Feb 2025 08:27 |
Perubahan Terakhir: | 13 Feb 2025 08:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16376 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |