Pebriyanti, Emilia (2025) Pengaruh Media Parfume Book terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 3-4 Tahun di PAUD KB Ash-Shaffa Balaraja, Kabupaten Tangerang (Studi Quasi Eksperimen). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260067_Cover.pdf Download (204kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260067_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260067_BAB I.pdf Download (455kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260067_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (582kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260067_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (554kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260067_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260067_BAB V.pdf Download (292kB) |
![]() |
Teks
S_PIAUD_201260067_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan anak usia dini yang harus menggabungkan unsur bermain dan pembelajaran. Pada usia 3-4 tahun, anak-anak berada dalam fase perkembangan kognitif yang pesat, sehingga memerlukan stimulasi yang tepat untuk mendukung kemampuan kognitif pemecahan masalah, berpikir logis dan berpikir simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Parfume Book terhadap kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun di KB PAUD Ash-Shaffa, Balaraja, Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 anak yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media Parfume Book di mana 15 anak merupakan kelompok eksperimen yang menggunakan media Perfume Book, dan 16 anak sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disesuaikan dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) pada aspek kognitif mengenai pemecahan masalah, berpikir logis dan berpikir simbolik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes kemampuan kognitif sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Independent Sample T Test untuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta menganalisis pengaruh media parfume book terhadap kemampuan kognitif anak. Hasil analisis Uji Independent Sample T-Test, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000, yang berarti lebih kecil dari 0.05. Ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media Perfume Book terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun. Perbedaan kemampuan kognitif antara kelompok eksperimen (mean = 34.20) dan kelompok kontrol (mean = 10.69) memperkuat hasil ini, di mana anak-anak dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan kemampuan yang jauh lebih tinggi setelah penggunaan media Perfume Book. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Parfume Book memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun. Media ini terbukti efektif dalam merangsang kemampuan kognitif pemecahan masalah, berpikir logis serta berpikir simbolik pada anak usia 3-4 tahun.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | anak usia dini 3-4 tahun, kemampuan kognitif, parfume book |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 11 Feb 2025 04:52 |
Perubahan Terakhir: | 11 Feb 2025 04:54 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16334 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |