Sopiah, Sopiah (2025) أثر نموذج التعلم PROMTING PROBING على مهارة الكلام (دراسة تجريبية للصف الثامن بمدرسة الهداية المتوسطة اإلسلامية تثيوماس). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PBA_201220023_Cover.pdf Download (398kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_201220023_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Teks
S_PBA_201220023_BAB I.pdf Download (793kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_201220023_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
![]() |
Teks
S_PBA_201220023_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (908kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_201220023_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
![]() |
Teks
S_PBA_201220023_BAB V.pdf Download (599kB) |
![]() |
Teks
S_PBA_201220023_Daftar Pustaka.pdf Download (666kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran probing promting terhadap kemahiran berbicara siswa kelas VIII MTs. Al-hidayah Ciomas. 2) Untuk Mengetahui kemampuan maharah kalam siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Probing Promting di kelas VIII Mts. Al-hidayah Ciomas. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap kemahiran berbicara siswa kelas VIII MTs. Al-Hidayah Ciomas. Penelitian ini dilakukan di MTs. Al-Hidayah Ciomas, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII Mts. al-Hidayah Ciomas berjumlah 132 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII C sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan soal test. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan data memperoleh hasil normal dan homogen. Setelah data normal dan homogen maka dilakukan uji paired simples t test dan independent simples t test. Hasil uji paired simples t test yaitu 0,001<0,05 artinya berpengaruh. Hasil uji independent samples t test diperoleh nilai t hitung 5,528 > 1,995 dan sig. (2-tailed) 0,001< 0,05 mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka Hasil penelitian menunjukkan : 1) penggunaan model pembelajaran probing promting di kelas sangat baik. 2) kemampuan kalam siswa sebelum menggunakan model pembelajaran probing promting memiliki rata-rata yang sama. 3) ada pengaruh signifikan model pembelajaran probing promting terhadap kemampuan kalam siswa kelas VIII Mts. al-hidayah ciomas. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa “Ada pengaruh signifikan model pembelajaran probing promting terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Ciomas”.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | pengaruh, model pembelajaran probing promting, maharah kalam |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 07 Feb 2025 08:57 |
Perubahan Terakhir: | 07 Feb 2025 08:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16314 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |