Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Kalilanang 2 Bojonegara Serang)

Narulita, Janatun (2025) Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Kalilanang 2 Bojonegara Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240071_Cover.pdf

Download (44kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240071_Lampiran Depan.pdf

Download (732kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240071_Bab I.pdf

Download (211kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240071_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240071_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (465kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240071_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (574kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240071_Bab V.pdf

Download (112kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240071_Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kalilanang 2 Kedung Ingas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan desain Nonequevalent Control Groupn Design dengan Teknik pengumpulan data observasi, tes, dukumentasi penelitian, dan studi pustaka. Hasil penelitian dari perhitungan uji t-Test didapat nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 1,693 > 1,685 dengan taraf nyata 0,05. Dengan perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen sebesar 69,25 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 63,25. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Berpikir kritis, media teka-teki silang
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Feb 2025 07:44
Perubahan Terakhir: 06 Feb 2025 07:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16292

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.