Pengaruh Metode Pakistani terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa SMAIT Putri Al-Hanif Cilegon Banten

Hifdiyah, Hifdiyah (2025) Pengaruh Metode Pakistani terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa SMAIT Putri Al-Hanif Cilegon Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_181210132_Cover.pdf

Download (256kB)
[img] Teks
S_PAI_181210132_Lampiran Depan.pdf

Download (763kB)
[img] Teks
S_PAI_181210132_BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Teks
S_PAI_181210132_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (577kB)
[img] Teks
S_PAI_181210132_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (461kB)
[img] Teks
S_PAI_181210132_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (465kB)
[img] Teks
S_PAI_181210132_BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Teks
S_PAI_181210132_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode Pakistani di SMAIT Putri Al-Hanif Cilegon Banten; (2) Untuk mengetahui kualitas hafalan Al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode Pakistani di SMAIT Putri Al-Hanif Cilegon Banten; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Pakistani terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an siswa SMAIT Putri Al-Hanif Cilegon Banten. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Populasi penelitian merupakan siswa yang berjumlah 43 Siswa dengan Teknik Probability Sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Teknik observasi, dokumentasi dan tes lisan. Teknik analisis data nya melalui uji normalitas, uji homogenitas serta uji-t. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode pakistani pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SMAIT Putri Al-Hanif kelas XI sangat baik, hal ini ditandai dengan keadaan kelas yang kondusif, siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan bahkan siswa cenderung lebih mutqin atau melekat hafalannya di bandingkan sebelum menggunakan metode Pakistani, hal ini dapat dilihat dari hasil akhir posttest kedua kelas yang menunjukkan perbedaan secara signifikan, yaitu kelas eksperimen mendapatkan nilai 88,26 sedangkan kelas kontrol sebesar 83,26. Berdasarkan hasil Uji-T antara nilai posttest kelas eksperimen dan nilai posttest kelas kontrol menunjukkan hasil Sig 0,046 < 0,05 maka

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Pakistani, Kualitas Hafalan Al-Qur’an
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Feb 2025 04:23
Perubahan Terakhir: 05 Feb 2025 04:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16269

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.