Fikri Varisa, Eka Alifiani (2025) Pengembangan Media Aquascape Mini Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PGMI_201240051_COVER.pdf Download (91kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240051_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (807kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240051_BAB 1.pdf Download (213kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240051_BAB 2.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (354kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240051_BAB 3.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (352kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240051_BAB 4.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (599kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240051_BAB 5.pdf Download (147kB) |
![]() |
Teks
S_PGMI_201240051_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Media Aquascape Mini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas V pada materi ekosistem air. Metode ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan ADDIE, yang memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), Penerapan (Implementation), dan penilaian (Evaluation). Media yang dikembangkan di validasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba lapangan awal terhadap peserta didik. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan angket ahli media, ahli materi, angket respon siswa, observasi wawancara dan dokumentasi. Data hasil dari penelitian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 53 dengan persentase 82% dengan kriteria “Baik”, validasi ahli media dengan hasil skor 65 dengan persentase 100% dengan kriteria “Sangat Baik”. Secara keseluruhan media pembelajaran Media Aquascape Mini sudah layak untuk digunakanuntuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas V pada materi ekosistem air. Berdasarkan hasil Pre-Test sebelum menggunakan media aquascape mini dan Post-Test dengan menggunakan media aquascape mini memperoleh nilai rata- rata 0,783 dengan kriteria tinggi. Dan memperoleh skor persentase N-Gain 78,33% dengan kategori efektif. Maka dengan media pembelajaran aquascape mini sudah efektif digunakan untuk siswa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keterampilan Berpikir Kritis, Media Aquascape mini, Peserta didik. |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jan 2025 04:36 |
Perubahan Terakhir: | 31 Jan 2025 04:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16205 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |