Hafidin, Ryan (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Takhassus Hifdzil Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist (Studi di MA Kelas XII Pondok Pesantren Al-Ihsan Kadomas-Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
![]() |
Teks
S_PAI_181210194_Cover.pdf Download (128kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_181210194_Lampiran Depan.pdf Download (774kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_181210194_BAB I.pdf Download (280kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_181210194_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (446kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_181210194_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (327kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_181210194_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (635kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_181210194_BAB V.pdf Download (142kB) |
![]() |
Teks
S_PAI_181210194_Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar tingkat pengaruh penggunaan metode takhassus hifdzil Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an hadist serta hasil belajar al-Qur’an hadist, serta untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi penggunaan metode takhassus hifdzil qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadist di MA kelas XII Pondok Pesantren Al-Ihsan Kadomas Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di kelas XII MA Al-Ihsan Kadomas Pandeglang, dengan sampel berjumlah 68 responden diambil dari populasi 68. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan penggunaan aplikasi IBM SPSS Statistik V 26. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil; pertama, penggunaan metode takhassus hifdzil Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an hadist di Madrasah Aliyah kelas XII Pondok Pesantren Al-Ihsan Kadomas Pandeglang dikategorikan efektif dengan persentase 90% nilai ini didapat dari hasil perhitungan Effect Size; kedua, pengaruh penggunaan metode takhassus hifdzil Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadist dapat disebut sangat efektif ini didasari dengan temuan dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang diberikan treatment metode takhassus hifdzil Qur’an lebih besar jika dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yang tidak diberikan treatment metode takhassus hifdzil Qur’an, dimana nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 84,48 atau 84,50 sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 78,40; ketiga, terdapat kontribusi takhassus hifdzil Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadist hasil ini didapat dari hasil belajar nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen meningkat signifikan jika dibandingkan dengan rata-rata pretest dan postest kelas kontrol, dimana nilai pretest kelas eksperimen 61,21 menjadi 84,48 pada saat postest pada kelas eksperimen sedangkan pada nilai pretest kelas kontrol 68,00 menjadi 78,00 saat postest pada kelas kontrol.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Takhassus Hifdzil Qur’an, Hasil Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Jan 2025 09:02 |
Perubahan Terakhir: | 30 Jan 2025 09:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16202 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |