Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas V SD.

Hanifah, Nurdiyanah (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas V SD. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240066_COVER.pdf

Download (318kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240066_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240066_BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240066_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (450kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240066_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (620kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240066_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (850kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240066_BAB V.pdf

Download (480kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240066_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor di kelas V SDIT Iqra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggunakan instrumen tes 10 soal pilihan ganda menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA materi suhu dan kalor di kelas V SD digolongkan menjadi tiga yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah dimana dari 20 siswa jumlah siswa hanya 4 (20%) siswa pada kategori tinggi, 6 (30%) pada kategori sedang dan 10 (50%) pada kategori rendah. Pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor dapat dilihat dari 4 indikator berpikir kritis yang meunukkan bahwa indikator analisis masuk dalam kategori sedang, indikator evaluasi masuk dalam kategori rendah dan indikator inferensi masuk dalam kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor masuk dalam kategori rendah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA, Suhu dan Kalor
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 22 Jan 2025 08:44
Perubahan Terakhir: 22 Jan 2025 08:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16172

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.