Farhatunnisa, Sri Endah (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SDN Jeruk Tipis 4 Kec. Kragilan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PGMI_201240088_COVER.pdf Download (142kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240088_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Teks
S_PGMI_201240088_BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240088_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (206kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240088_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (190kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240088_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (410kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240088_BAB V.pdf Download (34kB) |
|
Teks
S_PGMI_201240088_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur, kelayakan, dan efektivitas media pembelajaran audio visual berbasis video animasi guna meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV SDN Jeruk Tipis 4 Kec. Kragilan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan siswa yang kurang tertarik pada pembelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dan kebutuhan media pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk memfasilitasi proses belajar yang lebih efektif. Penelitian dilakukan di SDN Jeruk Tipis 4 dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengikuti model ADDIE. Prosedur pengembangan media pembelajaran audio visual dalam penelitian ini mengikuti tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analysis menganalisis kebutuhan siswa, tahap design menghasilkan desain berupa pengembangan bahan ajar yang digunakan sebagai acuan pembuatan media pembelajaran, tahap development yakni tahap pengembangan yang dilaksanakan dengan melakukan validasi kepada 3 validator, Tahap implementation merupakan tahap implementasi yang diuji cobakan kepada peserta didik Kelas IV, tahap evaluation yang menghasilkan rencana evaluasi setelah diuji coba. Kelayakan menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual yang dikembangkan telah melalui tahap validasi ahli materi memperoleh nilai 100%, ahli media memperoleh nilai 89%, ahli bahasa memperoleh nilai 85% dengan rata-rata 91% dan dinyatakan sangat layak digunakan saat pembelajaran IPA. Penggunaan media ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan sempel dan populasi 20 siswa. Dapat dilihat dari hasil pretest memperoleh nilai rata-rata 37,85, hasil posttest memperoleh nilai rata-rata 71,40, gain yang diperoleh 62,15 dan N-Gain 0,59 artinya media pembelajaran menunjukan kategori cukup efektif.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Audio Visual, Video Animasi, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, SD/MI |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 22 Jan 2025 03:44 |
Perubahan Terakhir: | 22 Jan 2025 03:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16161 |
Actions (login required)
Lihat Item |