أثر استخدام نموذج التعلم القائم على حل المشكلات في تعلم القواعد (بحث تجريبي في الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية سيرانج)

Mu'arofah, Een (2024) أثر استخدام نموذج التعلم القائم على حل المشكلات في تعلم القواعد (بحث تجريبي في الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية سيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_201220007_Cover.pdf

Download (267kB)
[img] Teks
S_PBA_201220007_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PBA_201220007_BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Teks
S_PBA_201220007_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (615kB)
[img] Teks
S_PBA_201220007_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (611kB)
[img] Teks
S_PBA_201220007_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (550kB)
[img] Teks
S_PBA_201220007_BAB V.pdf

Download (237kB)
[img] Teks
S_PBA_201220007_Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan problem based learning dan kemampuan pembelajaran qowaid pada kelas X di MAN 2 Serang, dan pengaruh metode problem based learning terhadap pembelajaran qowaid kelas X di MAN 2 Serang. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen yaitu Non Equivalent Control Group Design dengan teknik pengumpulan data menggunakan test (pre-test dan post-test). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan sampel yang digunakan yaitu 25 siswa untuk kelas eskperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Hasil analisis, diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen yaitu 11.60 dan pada pre test dan post test kelas kontrol yaitu = 10.80. Berdasarkan perhitungan yang nilai T hitung > T tabel yaitu 4.778 > 2.069. Dilihat dari nilai signifikasi 0.00 lebih kecil dari 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh model problem based learning terhadap pembelajaran qowaid dikelas eksperimen. Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil nilai pembelajaran qowa'id adalah sebesar 49% dan sisanya sebesar 51% dipengaruhi oleh variable lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengaruh, Problem Based Learning, Pembelajaran Qowaid
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 20 Des 2024 04:26
Perubahan Terakhir: 20 Des 2024 04:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16073

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.