Wifda, Nur Afiah (2024) تنفيذ المنهج الحرّ في تدريس اللغة العربية في الصف العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 2 شيليغون. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PBA_191220002_Cover.pdf Download (214kB) |
|
Teks
S_PBA_191220002_Lampiran Depan.pdf Download (626kB) |
|
Teks
S_PBA_191220002_BAB I.pdf Download (483kB) |
|
Teks
S_PBA_191220002_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (580kB) |
|
Teks
S_PBA_191220002_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (420kB) |
|
Teks
S_PBA_191220002_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (584kB) |
|
Teks
S_PBA_191220002_BAB V.pdf Download (291kB) |
|
Teks
S_PBA_191220002_Daftar Pustaka.pdf Download (401kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 kota Cilegon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa arab di MAN 2 Cilegon. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu dengan menggambarkan situasi dan data yang diperoleh selama pengamatan dan pertanyaan sehingga menjadi informasi yang mudah dipahami oleh pembaca. Penelitian ini memberi gambaran mengenai implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 kota Cilegon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 kota Cilegon secara umum telah terlaksana dengan baik, meskipun masih banyak kekurangan dan hambatan. Dalam implementasinya sekolah telah melaksanakan P5 dan P2RA dengan tema berkebhinekaan dan kewirausahaan serta guru telah mengikuti berbagai pelatihan atau workshop implementasi kurikulum merdeka yang merupakan salah satu syarat dari implementasi kurikulum ini. Dalam pembelajaran bahasa Arab, guru menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning dan menggunakan media pembelajaran yang tersedia di sekolah. Guru menggunakan tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar yang telah tersedia dari pemerintah. Guru harus lebih banyak berinovasi dalam mengajar bahasa arab baik dalam inovasi metode, pengembangan modul ajar maupun penggunaan media pembelajaran yang beragam. Agar memudahkan guru dalam mengimplementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Des 2024 03:46 |
Perubahan Terakhir: | 20 Des 2024 03:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16071 |
Actions (login required)
Lihat Item |