Pembentukan Karakter di TK Sekolah Alam Bintaro Kelurahan Pondok Pucung Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten

Lisnia, Eno (2024) Pembentukan Karakter di TK Sekolah Alam Bintaro Kelurahan Pondok Pucung Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260068_Cover.pdf

Download (440kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260068_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260068_Bab I.pdf

Download (3MB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260068_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (9MB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260068_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260068_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (8MB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260068_Bab V.pdf

Download (818kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260068_Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter di Sekolah Alam. Penelitian ini dilakukan di TK Sekolah Alam Bintaro. Jenis penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun informan penelitian meliputi: Kepala Sekolah, dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Alam Bintaro dapat membentuk karakter anak melalui kurikulum akhlakul Karimah yang berlandaskan anak harus patuh dan tunduk Hadits dan Al-Qur'an, kepemimpinan agar anak memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, ilmu pengetahuan agar dapat membentuk karakter anak yang berpikir dengan logika yang baik dan menjadikan Alam sebagai media pembelajarannya. Kurikulum bisnis agar anak bisa nantinya mengusahakan rezeki yang halal. Untuk membentuk karakter dengan maksimal, di TK Sekolah Alam Bintaro memiliki beberapa keunggulan programnya yaitu menghafal Al-Qur'an,membaca Al-Qur'an, Jum'at bersih dan memberi,kelasku perpustakaan, salam dan respek, berani mandiri dan tanggung jawab. Untuk penerapan pembentukan karakter anak yang dilakukan di Sekolah Alam Bintaro melalui metode pembiasaan yaitu guru membiasakan anak untuk berperilaku baik, metode tauladan yaitu guru mencontohkan perilaku yang baik kepada anak karena fase anak usia dini adalah meniru, dan yang terakhir menggunakan metode bercerita karena anak sangat tertarik dengan cerita, guru bisa menerapkan pembentukan karakter melalui berdongeng, atau menceritakan kisah-kisah Nabi dan Rasul.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembentukan karakter, sekolah alam
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Des 2024 04:38
Perubahan Terakhir: 16 Des 2024 04:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16001

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.