Lisnia, Eno (2024) Pembentukan Karakter di TK Sekolah Alam Bintaro Kelurahan Pondok Pucung Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PIAUD_191260068_Cover.pdf Download (440kB) |
|
Teks
S_PIAUD_191260068_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
Teks
S_PIAUD_191260068_Bab I.pdf Download (3MB) |
|
Teks
S_PIAUD_191260068_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (9MB) |
|
Teks
S_PIAUD_191260068_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
|
Teks
S_PIAUD_191260068_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (8MB) |
|
Teks
S_PIAUD_191260068_Bab V.pdf Download (818kB) |
|
Teks
S_PIAUD_191260068_Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter di Sekolah Alam. Penelitian ini dilakukan di TK Sekolah Alam Bintaro. Jenis penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun informan penelitian meliputi: Kepala Sekolah, dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Alam Bintaro dapat membentuk karakter anak melalui kurikulum akhlakul Karimah yang berlandaskan anak harus patuh dan tunduk Hadits dan Al-Qur'an, kepemimpinan agar anak memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, ilmu pengetahuan agar dapat membentuk karakter anak yang berpikir dengan logika yang baik dan menjadikan Alam sebagai media pembelajarannya. Kurikulum bisnis agar anak bisa nantinya mengusahakan rezeki yang halal. Untuk membentuk karakter dengan maksimal, di TK Sekolah Alam Bintaro memiliki beberapa keunggulan programnya yaitu menghafal Al-Qur'an,membaca Al-Qur'an, Jum'at bersih dan memberi,kelasku perpustakaan, salam dan respek, berani mandiri dan tanggung jawab. Untuk penerapan pembentukan karakter anak yang dilakukan di Sekolah Alam Bintaro melalui metode pembiasaan yaitu guru membiasakan anak untuk berperilaku baik, metode tauladan yaitu guru mencontohkan perilaku yang baik kepada anak karena fase anak usia dini adalah meniru, dan yang terakhir menggunakan metode bercerita karena anak sangat tertarik dengan cerita, guru bisa menerapkan pembentukan karakter melalui berdongeng, atau menceritakan kisah-kisah Nabi dan Rasul.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembentukan karakter, sekolah alam |
Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 16 Des 2024 04:38 |
Perubahan Terakhir: | 16 Des 2024 04:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16001 |
Actions (login required)
Lihat Item |