Yanuarizky, Almaida (2024) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Johari Window untuk Meningkatkan Self Disclosure Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_BKI_201520184_Cover.pdf Download (175kB) |
|
Teks
S_BKI_201520184_Lampiran Depan.pdf Download (848kB) |
|
Teks
S_BKI_201520184_Bab I.pdf Download (262kB) |
|
Teks
S_BKI_201520184_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (567kB) |
|
Teks
S_BKI_201520184_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (295kB) |
|
Teks
S_BKI_201520184_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (429kB) |
|
Teks
S_BKI_201520184_Bab V.pdf Download (159kB) |
|
Teks
S_BKI_201520184_Daftar Pustaka.pdf Download (204kB) |
Abstrak
Tekanan atau masalah yang dialami mahasiswa menyebabkan stres karena terlalu banyak menyimpan masalah sendiri. Mahasiswa biasanya sangat tertutup dengan kata lain sulit dalam mengungkapkan informasi diri seperti masalah pribadinya dan lain sebagainya, faktor yang memungkinkan hal tersebut terjadi yaitu teman, pribadi atau keluarga. Pengungkapan diri yang biasa disebut self disclosure itu penting, dimana kita dapat mengutarakan apa yang seharusnya tersampaikan, tentang masalah diri. Rendahnya tingkat self disclosure pada mahasiswa tentunya sangat membutuhkan penanganan yaitu dengan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik johari window. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana tingkat self disclosure mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten sebelum dan setelah melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik johari window, dan apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik johari window dapat meningkatkan self disclosure mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat tingkat self disclosure mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten sebelum dan sesudah diberikan layanan dan juga untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik johari window dapat meningkatkan self disclosure mahasiswa. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan eksperimental design dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sejumlah 6 mahasiswa Fakultas Dakwah yang memenuhi kriteria untuk diberikan layanan di antara 30 populasi, yang mana pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Treatment dalam penelitian sejumlah 1 yaitu layanan bimbingan kelompok yang dibagi menjadi 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner yang disebar melalui google form kepada 6 orang sampel. Berdasarkan pengolahan hasil pretest dan posttest dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan jumlah pretest dan posttest. Skor rata-rata pretest sebelum layanan adalah 71,16 dan skor rata-rata posttest setelah layanan adalah 81,33. Selanjutnya hasil hipotesis dengan uji Wilcoxon Sign Ranks Test diketahui nilai asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.026 karena nilainya lebih kecil dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya terdapat perbedaan antara hasil layanan bimbingan kelompok pada pretest dan posttest, dan juga terdapat perbedaan tingkat self disclosure mahasiswa Fakultas Dakwah sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik johari window.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Layanan bimbingan kelompok, teknik johari window, self disclosure, mahasiswa |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 10 Des 2024 06:32 |
Perubahan Terakhir: | 10 Des 2024 06:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15937 |
Actions (login required)
Lihat Item |