المقارنة بين منهج 2013 و منهج الحر في درس اللّغة العربية في المدرسة الثانوية الإسلامية

Ahsan, Bagus Muttabi Aulia (2024) المقارنة بين منهج 2013 و منهج الحر في درس اللّغة العربية في المدرسة الثانوية الإسلامية. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220006_Cover.pdf

Download (301kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220006_Lampiran Depan.pdf

Download (686kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220006_BAB I.pdf

Download (544kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBA_191220006_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (639kB)
[img] Teks
S_PBA_191220006_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (272kB)
[img] Teks
S_PBA_191220006_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220006_BAB V.pdf

Download (630kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220006_Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kurikulum merupakan sebuah hal yang mendasar dalam sebuah pelaksanaan pembelajaran. Kurikulum sebagai sebuah perencanaan yang mengarah kepada tujuan pendidikan nasional mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Transformasi kurikulum didasarkan kepada relevansinya dalam merespon perkembangan zaman dan ilmu pengetahun. Perubahan kurikulum pada era ini dari kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka berdampak pada pembelajaran khususnya bahasa Arab. Dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab yang pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka terdapat persamaan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan memiliki berbagai perbedaan di mulai dari kompetensi inti dan kompetensi dasar berubah menjadi capaian pembelajaran, kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik sedangkan kurikulum merdeka berubah menggunakan pendekatan diferensiasi, RPP berubah menjadi modul ajar yang memiliki fungsi yang sama namun terdapat komponen yang lebih kompleks. Asesmen pembelajaran bahasa Arab pada kurikulum 2013 memisahkan nilai pengetahuan dan keterampilan, namun dalam kurikulum merdeka yang mana di dalamnya terdapat asesmen formatif dan sumatif, tidak memisahkan penilaian pengetahuan dan keterampilan. Kriteria ketuntasan dalam kurikulum merdeka menggunkan KKTP (kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran) bukan lagi menggunakan KKM (kriteria ketuntasan minimum).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Okt 2024 03:10
Perubahan Terakhir: 18 Okt 2024 03:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15508

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.