Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti (Studi Sekolah Menengeh Pertama Negeri 2 Kota Cilegon)

Anam, Khairul (2024) Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti (Studi Sekolah Menengeh Pertama Negeri 2 Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210074_Cover.pdf

Download (310kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210074_Lampiran Depan.pdf

Download (949kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210074_BAB I.pdf

Download (169kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_201210074_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (627kB)
[img] Teks
S_PAI_201210074_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (478kB)
[img] Teks
S_PAI_201210074_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (491kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210074_BAB V.pdf

Download (250kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210074_Daftar Pustaka.pdf

Download (284kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cilegon, dan pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cilegon, dan manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat menambah kekayaan wawasan ilmu pengetahuan dalam menerapkan metode discovery learning dan sebagai literature atau bahan pertimbangan untuk penelitian sejenisnya yang akan datang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain nonequivalent group desain yang merupakan bentuk dari quasi experiment artinya kelompok kelas eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara random. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pre-test dan post-test) dengan analisis data yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian ini adalah bahwa metode discovery learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang menekankan pada siswa untuk belajar mencari dan menemukan sendiri solusi dari permasalahan yang ada, sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran dan guru hanya menjadi pembimbing dan fasilitator dalam proses pembelajaran. Pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa ternyata cukup signifikan dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya yang menggunakan metode konvensional. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cilegon masih relatif rendah hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 61,07 dan kelas kontrol 60,40. Dan ketika menerapkan metode discovery learning pada proses belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cilegon terdapat pengaruh yang cukup signifikan pada hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis penelitian (uji-t) yang menunjukkan bahwa -ℎ

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Discovery Learning, Hasil Belajar, PAI dan Budi Pekerti
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Okt 2024 03:12
Perubahan Terakhir: 11 Okt 2024 03:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.