Yustisia, Regina (2024) Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Gunung Kencana Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210044_Cover.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210044_Lampiran Depan.pdf Download (625kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210044_BAB I.pdf Download (368kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210044_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (430kB) |
||
Teks
S_PAI_191210044_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (393kB) |
||
Teks
S_PAI_191210044_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (397kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210044_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210044_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah :1) untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial siswa di SMAN 1 Gunung Kencana Lebak. 2). untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Gunung Kencana Lebak. 3). untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Gunung Kencana Lebak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi dan korelasi dengan bantuan SPSS versi 22.0. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 384 siswa, pengambilan sampel sebesar 40% sehingga diperoleh sampel berjumlah 96 siswa, pengambilan sampel ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa 1). Diketahui nilai konstanta pada variabel X sebesar 20, maka dapat diartikan bahwa penggunaan media sosial di SMAN 1 Gunung Kencana Lebak berpengaruh sangat kuat. 2). Berdasarkan hasil perhitungan konstanta pada variabel Y (motivasi belajar Pendidikan Agama Islam) diperoleh nilai sebesar 78, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa terpengaruh kuat oleh penggunaan media sosial. 3). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada pengaruh penggunaan media sosial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Gunung Kencana Lebak ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0.698. Hasil tersebut menunjukan bahwa sebesar 48,2% pengaruh positif motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh penggunaan media sosial, sedangkan sisanya 51,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian yang diteliti atau dibahas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Sosial dan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 10 Okt 2024 08:42 |
Perubahan Terakhir: | 10 Okt 2024 08:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15465 |
Actions (login required)
Lihat Item |