Faranisa, Dinda (2024) Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Oleh-Oleh Khas Lebak terhadap Laba Perusahaan (Studi Rumah Produksi dan Gallery Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rangkasbitung Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_171410046_Cover.pdf Download (296kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_171410046_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_171410046_BAB I.pdf Download (265kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_ES_171410046_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (523kB) |
||
Teks
S_ES_171410046_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (269kB) |
||
Teks
S_ES_171410046_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (511kB) |
||
|
Teks
S_ES_171410046_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_171410046_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Didirikannya suatu usaha bertujuan untuk memperoleh keuntungan agar usaha tersebut dapat berlanjut dan berkembang. Untuk mendapatkan keuntungan, suatu usaha tentunya harus memiliki daya saing yang baik, Langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan penjualan, kualitas produk yang terjaga, meningkatkan pelayanan dan menetapkan strategi pemasaran yang tepat. Berkembangnya usaha dan laba yang dicapai oleh Rumah Produksi dan Gallery UMKM Rangkasbitung dalam menjual produk oleh-oleh khas Lebak menjadi alat ukur terhadap keberhasilan usaha tersebut dalam menjalankan aktivitas yang berkaitan dengan operasinya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh pertumbuhan penjualan oleh-oleh khas Lebak terhadap laba perusahaan (Studi Rumah Produksi dan Gallery Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rangkasbitung Lebak)?. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menganalisis/menelaah seberapa besar pengaruh pertumbuhan penjualan oleh-oleh khas Lebak terhadap laba perusahaan (Studi Rumah Produksi dan Gallery Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rangkasbitung Lebak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan studi kasus, perhitungan statistik menggunakan SPSS 22 dengan uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji kecocokan model regresi (analisis regresi linier sederhana), uji koefisien korelasi (R) dan uji koefisien determinasi (R2). Adapun data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari rincian transaksi penjualan dari buku catatan keuangan yang menghasilkan pertumbuhan penjualan terhadap laba. Berdasarkan penelitian analisis hasil dari pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22, yaitu pengaruh pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba. Hal tersebut dibuktikan dengan koefisien regresi (B) X bernilai positif yaitu 0.800. secara parsial (Uji T) hasil Thitung sebesar 23.704 yang lebih besar dari Ttabel pada tingkat signifikansi 5% yaitu sebesar 2.01063 (23.704 > 2.01063). Selain itu, nilai probabilitas signifikansi sebesar 0.000 menunjukkan nilai yang lebih kecil dari nilai yang telah ditentukan pada tingkat 5% yaitu sebesar 0.05% (0.000 < 0.05). Koefisien korelasi sebesar 0.961 dikatakan sangat kuat, kemudian koefisien determinasi sebesar 0.924/ 92.4% jadi pengaruh variabel X terhadap Y kuat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pertumbuhan Penjualan, Laba, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 338 Produksi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 07 Okt 2024 03:59 |
Perubahan Terakhir: | 07 Okt 2024 03:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15415 |
Actions (login required)
Lihat Item |