Pengaruh Media Pembelajaran Kotak Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al-Insaan Nancang Waringin Kota Serang

Adelia, Adelia (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Kotak Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al-Insaan Nancang Waringin Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260034_COVER.pdf

Download (295kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260034_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (369kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260034_BAB I.pdf

Download (511kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_201260034_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (670kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260034_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (488kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260034_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (713kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260034_BAB V.pdf

Download (186kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_201260034_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (931kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Insaan Nancang Waringin Kota Serang. 2) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kotak pintar dalam mengenal huruf abjad pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Insaan Nancang Waringin. 3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam media pembelajaran kotak pintar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Insaan Nancang Waringin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan uji Pretest Posttest. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah kelompok B PAUD Al-Insaan Nancang Waringin Kota Serang. Kelas B1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media kotak pintar dan kelas B2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik analisis data menggunkan uji N-gain dan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil SPSS versi 25, uji hipotesis non-parametrik dengan uji mann whitney diperoleh Zhitung Sebesar -4.773 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka berdasarkan kriteria uji dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh media kotak pintar terhadap kemampuan mengenal huruf anak. Hal ini juga dibuktikan hasil perhitungan uji N-Gain Score menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 61, 0794 % termasuk dalam kategori cukup berpengaruh.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Kotak Pintar, Kemampuan Mengenal Huruf, Anak Usia Dini.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 04 Okt 2024 04:24
Perubahan Terakhir: 04 Okt 2024 04:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15407

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.