Nurkholifah, Siti (2024) Hubungan Antara Model Pembelajaran Sentra Dengan Perkembangan Kemandirian Anak Di TKIT Iqra Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_201260038_COVER.pdf Download (387kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260038_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260038_BAB I.pdf Download (230kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_201260038_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (321kB) |
||
Teks
S_PIAUD_201260038_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (407kB) |
||
Teks
S_PIAUD_201260038_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (416kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_201260038_BAB V.pdf Download (79kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260038_DAFTAR FUSTAKA.pdf Download (209kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kemandirian merupakan hal yang penting untuk ditanamkan atau dilakukan pada diri anak agar anak mampu menjalani kehidupan tanpa bergantung pada orang lain. Sistem pembelajaran sentra pada anak usia dini dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan dirinya sehingga dapat mandiri tanpa ketergantungan pada orang lain. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui dan memahami pelaksanaan model pembelajaran sentra di TKIT IQRA Kota Serang. 2) untuk mengetahui perkembangan kemandirian anak di TKIT IQRA Kota Serang. 3) untuk mengetahui dan memahami hubungan antara model pembelajaran sentra dengan perkembangan kemandirian anak di TKIT IQRA Kota Serang. Penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan pengumpulan data dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner serta melakukan pengamatan terhadap anak-anak di sekolah yang dijadikan tempat penelitian. Sampel yang digunakan guru dan anak kelompok A. Hasil penelitian sentra ini diperoleh r hitung sebesar 0,996 nilai tersebut lebih besar dari r tabel sebesar 0,950. Hasil dari penelitian kemandirian anak diperoleh r hitung sebesar 0,644 lebih besar dari nilai r tabel sebesar 0,532 dan hasil hubungan model pembelajaran sentra dengan kemandirian anak sebesar 0,01 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut signifikan dalam arti hipotesis (Ho) ditolak sedangkan hipotesis (Ha) diterima. Solusi untuk guru, memberikan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan anak dan menarik minat anak guna menumbuhkan kemandirian pada anak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran Sentra, Kemandirian Anak |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 03 Okt 2024 04:01 |
Perubahan Terakhir: | 03 Okt 2024 04:01 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15392 |
Actions (login required)
Lihat Item |