Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima di Sekolah (Studi di SMKN 1 Pandeglang)

Zahra, Sabrina (2024) Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima di Sekolah (Studi di SMKN 1 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250011_COVER.pdf

Download (120kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250011_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (586kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250011_BAB I.pdf

Download (252kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_191250011_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (471kB)
[img] Teks
S_MPI_191250011_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (250kB)
[img] Teks
S_MPI_191250011_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (219kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250011_BAB V.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Di era yang semakin modern ini, dunia pendidikan memerlukan inovasi pendidikan yang berkaitan erat dengan sistem informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan dunia pendidikan. perkembangan dan pemanfaatan teknologi semakin diminati oleh berbagai kalangan baik individu maupun kelompok. Peningkatan kinerja pendidikan di masa yang akan datang memerlukan teknologi informasi yang tidak hanya sebagai pendukung keberhasilan pendidikan namun sebagai faktor utama dalam mendukung dunia pendidikan sehingga mampu bersaing di pasar global. Konsep ini memiliki gradasi bagaimana dunia pendidikan berusaha menggunakan gawai atau Handphone sebagai alat yang dapat diaplikasikan sebagai sarana komunikasi untuk meningkatkan kinerja dunia pendidikan secara signifikan sehingga timbul-lah implementasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan prima yang sangat mendukung dalam dunia pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya 1) bagaimana penerapan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan prima di SMKN 1 Pandeglang, 2) apa masalah yang terdapat dalam penerapan sistem informasi manajemen di SMKN1 Pandeglang, 3) bagaimana cara mengatasi masalah penerapan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan prima di SMKN 1 Pandeglang, dan 4) apa hasil dari implementasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan prima di SMKN 1 Pandeglang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan prima, masalah yang terdapat dalam penerapan sistem informasi manajemen. Cara mengatasi masalah penerapan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan prima, dan hasil dari penyelesaian implementasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan prima di SMK Negeri 1 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara, subjek peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem informasi manajemen sangat berperan dalam mengelola informasi, menghasilkan informasi dan meningkatkan pelayanan yang prima. Dengan menggunakan sistem data, komputer dan perangkat teknologi lainnya informasi dapat dikelola dan disampaikan kepada yang membutuhkan secara cepat dan akurat. Adapun diseminasi sebagai bagian dari sistem infomasi manajemen, informasi yang di dapat kemudian diolah dan disusun secara jelas agar mudah dipahami/dimengerti. Dengan begitu, sebelum menerapkan sistem tersebut guru yang akan menggunakan sistem tersebut dapat memahami bagaimana cara mengelola suatu data yang akan digunakan nantinya. Penyebaran informasi dapat dilakukan melalui media/web dan aplikasi/alat komunikasi yang digunakan oleh guru, staf, siswa, pemerintah maupun masyarakat. Implementasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan prima di SMKN 1 Pandeglang sudah cukup bagus dalam hal penerapannya terutama dalam pengelolaan data, keamanan hingga pelayanan pengaduan yang cukup terstruktur dan sudah sesuai denan teori. Maka harus tetap konsisten dalam menghasilkan informasi dan meningkatkan pelayanan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Sistem Informasi Manajemen, Pelayanan Prima, SMKN 1 Pandeglang
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Okt 2024 03:21
Perubahan Terakhir: 03 Okt 2024 03:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15389

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.