Manajemen Kurikulum Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur'an (TPQ) dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur'an (Studi TPQ Al-Mujahidin dan TPQ Al-Muawwanah Kota Serang)

Oktaviani, Yeti (2024) Manajemen Kurikulum Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur'an (TPQ) dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur'an (Studi TPQ Al-Mujahidin dan TPQ Al-Muawwanah Kota Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_212625004_COVER.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
T_MPI_212625004_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (770kB)
[img] Teks
T_MPI_212625004_BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Teks
T_MPI_212625004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (700kB)
[img] Teks
T_MPI_212625004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (195kB)
[img] Teks
T_MPI_212625004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (377kB)
[img] Teks
T_MPI_212625004_BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Teks
T_MPI_212625004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktifitas manusia di zaman ini mayoritas lebih suka menyibukkan diri dengan gadget daripada harus bersosial dengan orang-orang disekitar dan melalaikan tugas-tugas penting dalam kehidupannya. Permasalahan tersebut, bisa disebabkan karena minimnya pengetahuan dan pendidikan keagamaan yang sejatinya berfungsi sebagai filter dalam menyerap informasi dari berbagai media yang ada. Pada nyatanya dilapangan masih banyak masyarakat yang belum bisa membaca dan memahami Al-Qur’an dengan benar dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan santri TPQ Al-Mujahidin dan Al-Muawanah dalam membaca dan menulis Al- Qur’an dan untuk mengetahui manajemen kurikulum TPQ dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an pada santri TPQ Al-Mujahidin dan Al- Muawwanah di Kota Serang Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati pendekatannya diarahkan pada latar dan individu secara holistic. Hasil dari penelitian ini dalam upaya meningkatkan baca tulis Al- Qur’an baik di TPQ Al- Mujahidin maupun TPQ Al-Muawanah menggunakan metode private dan juga klasikal. Metode private ini memudahkan guru dalam mengontrol bacaan santri dengan seksama sehingga santri bisa lebih cepat memahami cara membaca Al-Qur’an. Pelajaran tajwid yang ada dalam kurikulum TPQ memudahkan santri dalam memahami hukum-hukum bacaan Al-Qur’an baik dari segi makhorijul huruf, Panjang pendek bacaan dan juga hukum bacaan idzhar, idghom, ikhfa, dan lain-lain. Oleh karenanya manajemen kurikulum TPQ sangat berpengaruh terhadap peningkatan baca tulis Al-Qur’an santri di TPQ Al-Mujahidin dan TPQ Al-Muawanah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Kurikulum, Baca Tulis Al-Qur’an, Taman Pendidikan Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 01 Okt 2024 04:19
Perubahan Terakhir: 01 Okt 2024 04:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15366

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.