Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Di Sekitar Kita Di Kelas IV SD/MI.

Melinda, Melinda (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Di Sekitar Kita Di Kelas IV SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240100_COVER.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240100_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (974kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240100_BAB I.pdf

Download (309kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240100_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240100_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (526kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240100_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (804kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240100_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240100_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (974kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya di sekitar kita di kelas IV SD/MI. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE adapun langkah-langkah tersebut yaitu sebagai berikut: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Berdasarkan uji kelayakan telah melakukan validasi oleh beberapa ahli diantaranya hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 4,7 dengan presentase 94% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media memperoleh rata-rata 4,3 dengan presentase 86% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis canva pada materi gaya di sekitar kita dinyatakan “Layak” untuk dijadikan media pembelajaran. Sedangkan hasil uji coba lapangan, hasil rekapitulasi Pre-Test dan Post-Test mengalami peningkatan tetapi peningkatannya dengan kategori sedang yaitu 35%. Sebelum uji coba produk memperoleh rata-rata 48%, Sedangkan setelah melakukan uji coba produk memperoleh rata-rata 83%. Berdasarkan uji efektivitas terhadap media pembelajaran interaktif berbasis canva cukup efektif digunakan di sekolah dasar pada materi gaya, dengan hasil N-Gain 0,673 dengan kategori sedang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran Interaktif, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 30 Sep 2024 07:31
Perubahan Terakhir: 30 Sep 2024 07:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.