Nurvaliza, Nurvaliza (2024) أهم مشكلات في تعليم اللغة العربية لمتخرجي المدارس العامة وحلولها (دراسة تحليلة بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_201220045_Cover.pdf Download (118kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_201220045_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_201220045_BAB I.pdf Download (321kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_201220045_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (443kB) |
||
Teks
S_PBA_201220045_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (308kB) |
||
Teks
S_PBA_201220045_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (313kB) |
||
|
Teks
S_PBA_201220045_BAB V.pdf Download (221kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_201220045_Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui permasalahan pembelajaran bahasa Arab bagi siswa lulusan sekolah umum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Serang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Arab dan 6 orang siswa kelas 7 B dari lulusan sekolah umum yang terdiri dari 2 laki-laki dan 4 perempuan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat 2 faktor yang berpengaruh dalam permasalahan pembelajaran bahasa Arab, yaitu faktor linguistik dan non linguistik. Faktor linguistik yang menjadi permasalahan bagi siswa lulusan sekolah umum adalah permasalahan aswat, mufrodat, qowaid & i'rab, susunan kalimat dan keterampilan berbahasa Arab (Qiroah, Istima', Kalam dan Kitabah). Sedangkan faktor non linguistik yang menjadi permasalahan bagi siswa lulusan sekolah umum adalah motivasi & minat, fasilitas madrasah, kompetensi guru, waktu pembelajaran dan lingkungan berbahasa. Solusi dari permasalahan linguistik adalah pengulangan materi, struktur kalimat dan latihan mandiri. Sedangkan solusi dari permasalahan non linguistik adalah model pembelajaran, motode pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Permasalahan, Pembelajaran, Bahasa Arab |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 10 Sep 2024 03:39 |
Perubahan Terakhir: | 10 Sep 2024 03:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15183 |
Actions (login required)
Lihat Item |