أثر تطبيق وسيلة بطاقة الصور في قدرة الطلاب على تعليم المفردات العربية (بحث تجريبي في الصف الثامن من مدرسة غوفي المتوسطة الإسلامية ليباك)

Muthmainnah, Eneng (2024) أثر تطبيق وسيلة بطاقة الصور في قدرة الطلاب على تعليم المفردات العربية (بحث تجريبي في الصف الثامن من مدرسة غوفي المتوسطة الإسلامية ليباك). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_181220026_Cover.pdf

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_181220026_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_181220026_BAB I.pdf

Download (694kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBA_181220026_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (809kB)
[img] Teks
S_PBA_181220026_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (651kB)
[img] Teks
S_PBA_181220026_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (818kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_181220026_BAB V.pdf

Download (524kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_181220026_Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media kartu bergambar terhadap kemampuan menghafal kosakata bahasa arab siswa di kelas VIII MTs Guppi Lebak. Untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai kosakata, dan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan media kartu bergambar terhadap kemampuan menghafal kosakata bahasa arab siswa di kelas VIII MTs Guppi Lebak. Peneliti memilih metode eksperimen dengan desain (Quasi Eksperimen) karena metode ini cocok untuk untuk menguji keabsahan hasil yang ditarik dari hipotesis dalam penelitian ini dan sampel yang dipilih tidak dipilih secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media kartu bergambar pada saat kegiatan mengajar dikelas menarik perhatian siswa sehingga semua siswa menjadi lebih antusias dan cepat memahami materi yang disampaikan. Terdapat peningkatan terhadap kemampuan menghafal kosakata siswa setelah menggunakan media kartu bergambar. Hal ini terlihat dari perbandingan anatara hasil pre test dan post test dikelas eksperimen dan control. Terdapat pengaruh penerapan media kartu bergambar terhadap kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa. Hal ini hasil perhitungan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Nilai (Sig) kurang dari 0.05. oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa penerapan media kartu bergambar berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VIII MTs Guppi Lebak sebesar 56%, dan sisanya 44% dipengaruhi oleh variabel lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pengaruh, media kartu bergambar, kemampuan belajar kosakata
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Sep 2024 02:46
Perubahan Terakhir: 10 Sep 2024 02:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15180

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.