عدم العدالة بين الجنسين في رواية زينة لنوال السعداوي

Rani, Mutya Anggita (2024) عدم العدالة بين الجنسين في رواية زينة لنوال السعداوي. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360024_Cover.pdf

Download (224kB)
[img] Teks
S_BSA_191360024_Lampiran Depan.pdf

Download (584kB)
[img] Teks
S_BSA_191360024_BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Teks
S_BSA_191360024_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (430kB)
[img] Teks
S_BSA_191360024_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (339kB)
[img] Teks
S_BSA_191360024_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img] Teks
S_BSA_191360024_BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_BSA_191360024_Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB)

Abstrak

Skripsi ini mengkaji sebuah novel yang berjudul “Zeina” karya Nawal El Saadawi. Novel ini menceritakan tentang dua tokoh perempuan, yaitu Bodour dan Zeina. Keduanya berusaha untuk melawan penindasan patriarki dengan caranya masing-masing. Zeina merupakan anak Bodour- saat masih mahasiswi- dengan Nasim, seorang aktivis militan. Zeina telah ditelantarkan ibunya sejak ia dilahirkan sehingga ia hidup dijalanan. Saat dewasa ia menjadi penyanyi terkenal yang sangat dikagumi terutama kaum laki-laki. Zeina merupakan novel terakhir yang ditulis oleh novelis terkenal Mesir, Nawal El Saadawi. Kehidupan Zeina dan Bodour diceritakan melalui sebuah narasi. Narasi yang digunakan oleh Nawal El Saadawi sangat membantu untuk menghidupkan semua cerita sehingga pembaca dapat merasakan dan menggambarkan secara jelas kejadian yang terjadi dalam kehidupan Zeina dan Bodour. Dari penjelasan diatas hal inilah yang menjadi penulis untuk meneliti lebih dalam tentang novel Zeina. Penelitian ini difokuskan pada diskriminasi perempuan dalam novel Zeina karya Nawal El Saadawi yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana diskriminasi gender terhadap perempuan dalam Novel Zeina karya Nawal El Saadawi? Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk – bentuk diskriminasi gender perempuan yang terdapat dalam Novel Zeina karya Nawal El Saadawi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif. Hasil penelitian yang dijelaskan atau dideskripsikan. Teknik pengumpulan data adalah teknik membaca dan teknik mencatat. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori kritik sastra feminis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diskriminasi terhadap perempuan yang terkandung dalam novel Zeina, adalah perempuan budak sex. Diskriminasi gender termanifestasikan dalam berbagai bentuk diskriminasi, yaitu : marginalisasi atau proses kemiskinan, subordinasi atau anggapan tidak penting dalam urusan politik, pembentukan streotipe atau melalui pelebelan negatif. Kekerasan (violence), beban kerja lebih panjang dan lebih banyak (burden), serta sosialisasi ideologi nilai peren gender.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Gender, Novel, Nawal El Saadawi
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2024 07:27
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2024 07:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15095

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.