Pengembangan Media Creativity Box dalam Mengenalkan Rukun Islam pada Anak Usia 5-6 Tahun TK As-Syifa Kabupaten Tangerang

Purnama, Rheina Rahmah (2024) Pengembangan Media Creativity Box dalam Mengenalkan Rukun Islam pada Anak Usia 5-6 Tahun TK As-Syifa Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_201260048_Cover.pdf

Download (338kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260048_Lampiran Depan.pdf

Download (828kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260048_Bab I.pdf

Download (394kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260048_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (771kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260048_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (754kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260048_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260048_Bab V.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260048_Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengembangan media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam, 2) untuk kelayakan media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK As-Syifa Kabupaten Tangerang yang berjumlah 12 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ada 5 tahap yaitu analiysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Adapun hasil dari penelitian dan pengembangan media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun dapat disimpulkan bahwa pengembangan media ini telah menghasilkan produk berupa media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun dan sudah dikembangkan dengan tahapan-tahapan yang dilakukan menggunakan model ADDIE dengan hasil validasi ahli media dapat presentase sebesar 95%. Dengan jumlah skor ini diketahui bahwa media pembelajaran ini dinyatakan “Sangat Layak” untuk digunakan. Begitupun dengan hasil kelayakan pengembangan media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun ini dilakukan pada 12 anak dan dapat dilihat berdasarkan hasil pre-test 59,3% dan post-test 91,14% yang mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran creativity box efektif dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan Media Creativity Box, Media Pembelajaran, Pengenalan rukun Islam, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Sep 2024 08:26
Perubahan Terakhir: 02 Sep 2024 08:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15074

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.