Pengembangan Media Cutting Video dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan di Kelas VIII SMP IT Syifa Fikria Cikande-Serang)

Dewantari, Ade Putri (2024) Pengembangan Media Cutting Video dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan di Kelas VIII SMP IT Syifa Fikria Cikande-Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220041_Cover.pdf

Download (215kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220041_Lampiran Depan.pdf

Download (817kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220041_BAB I.pdf

Download (336kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PBA_191220041_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (717kB)
[img] Teks
S_PBA_191220041_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_PBA_191220041_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220041_BAB V.pdf

Download (291kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PBA_191220041_Daftar Pustaka.pdf

Download (381kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian pengembangan media Cutting Video dalam pembelajaran Bahasa ara ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan media cutting video dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII SMP IT Syifa Fikria Cikande-Serang, untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan media cutting video dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII SMP IT Syifa Fikria Cikande-Serang. Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan teori Brog and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah dalam pelaksanaannya. Dari model pengembangan Brog and Gall yang terdiri dari sepuluh Langkah ini peneliti hanya mengambil satu sampai enam langkah saja, antara lain: 1) analisis kebutuhan dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk. Keefektifan penggunaan media cutting video ini terdapat perbedaan hasil post-test dan pre-test. Hasil post-test sebesar 63,2% dan hasil pre-test sebesar 89,4%. Berdasarkan hasil tes terdapat perbedaan 27% hasil belajar siswa sebelum dan sudah menggunakan media cutting video dalam pembelajaran Bahasa arab.. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media Cutting video digunakan secara efektif dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII SMP IT Syifa Fikria. Kelayakan media cutting video dalam pembelajaran Bahasa Arab yang diperoleh dari siswa sebesar 92,7 dan guru Bahasa arab SMP IT Syifa Fikria sebesar 88%. Berdasarkan hasil tersebut, maka media cutting video dalam pembelajaran Bahasa Arab layak digunakan dalam proses pengajaran Bahasa Arab pada kelas VIII SMP IT Syifa Fikria Cikande-Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, Media Cutting Video, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Jul 2024 08:35
Perubahan Terakhir: 19 Jul 2024 08:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14917

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.