Dewantari, Ade Putri (2024) Pengembangan Media Cutting Video dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan di Kelas VIII SMP IT Syifa Fikria Cikande-Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_191220041_Cover.pdf Download (215kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220041_Lampiran Depan.pdf Download (817kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220041_BAB I.pdf Download (336kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_191220041_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (717kB) |
||
Teks
S_PBA_191220041_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (495kB) |
||
Teks
S_PBA_191220041_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PBA_191220041_BAB V.pdf Download (291kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220041_Daftar Pustaka.pdf Download (381kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian pengembangan media Cutting Video dalam pembelajaran Bahasa ara ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan media cutting video dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII SMP IT Syifa Fikria Cikande-Serang, untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan media cutting video dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII SMP IT Syifa Fikria Cikande-Serang. Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan teori Brog and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah dalam pelaksanaannya. Dari model pengembangan Brog and Gall yang terdiri dari sepuluh Langkah ini peneliti hanya mengambil satu sampai enam langkah saja, antara lain: 1) analisis kebutuhan dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk. Keefektifan penggunaan media cutting video ini terdapat perbedaan hasil post-test dan pre-test. Hasil post-test sebesar 63,2% dan hasil pre-test sebesar 89,4%. Berdasarkan hasil tes terdapat perbedaan 27% hasil belajar siswa sebelum dan sudah menggunakan media cutting video dalam pembelajaran Bahasa arab.. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media Cutting video digunakan secara efektif dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII SMP IT Syifa Fikria. Kelayakan media cutting video dalam pembelajaran Bahasa Arab yang diperoleh dari siswa sebesar 92,7 dan guru Bahasa arab SMP IT Syifa Fikria sebesar 88%. Berdasarkan hasil tersebut, maka media cutting video dalam pembelajaran Bahasa Arab layak digunakan dalam proses pengajaran Bahasa Arab pada kelas VIII SMP IT Syifa Fikria Cikande-Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan, Media Cutting Video, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Jul 2024 08:35 |
Perubahan Terakhir: | 19 Jul 2024 08:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14917 |
Actions (login required)
Lihat Item |