Febriansyah, Faukon (2024) Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa Lulusan SMP dengan MTs pada Mata Pelajaran PAI (Studi Komparatif di SMA Negeri 1 Bojonegara). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210158_Cover.pdf Download (35kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210158_Lampiran Depan.pdf Download (446kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210158_Bab I.pdf Download (223kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210158_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (538kB) |
||
Teks
S_PAI_181210158_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (349kB) |
||
Teks
S_PAI_181210158_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (487kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210158_Bab V.pdf Download (22kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210158_Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMA Negeri 1 Bojonegara pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di SMA Negeri 1 Bojonegara pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar antara siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di SMA Negeri 1 Bojonegara pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif (membandingkan). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Stratified random sampling yang berarti (stratifikasi). Pada penelitian ini kelas IX yang digunakan sebagai sampel berjumlah 80 siswa dengan pembagian 40 siswa adalah lulusan SMP dan 40 siswa lulusan MTs. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi nilai siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) diperoleh thitung sebesar = 1,63 dengan nilai ttabel = 1,99. Maka diketahui bahwa thitung nilai prestasi belajar siswa sebesar (1,63) < < ttabel (1,99) yang berarti HO diterima dan Ha ditolak. Sehingga sesuai dengan ketentuan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang cukup signifikan terjadi pada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam (PAI) pada siswa yang berasal dari lulusan SMP dengan siswa yang berasal dari lulusan MTs di SMA Negeri 1 Bojonegara.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 21 Mei 2024 07:40 |
Perubahan Terakhir: | 21 Mei 2024 07:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14614 |
Actions (login required)
Lihat Item |