Representasi Kritik Sosial dalam Lirik Lagu Negara Lucu Karya Enau (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Fernanda, Wahyu Fajar (2024) Representasi Kritik Sosial dalam Lirik Lagu Negara Lucu Karya Enau (Analisis Semiotika Roland Barthes). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_KPI_ 191510093_COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Teks
S_KPI_ 191510093_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (437kB)
[img] Teks
S_KPI_ 191510093_BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Teks
S_KPI_ 191510093_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (401kB)
[img] Teks
S_KPI_ 191510093_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (237kB)
[img] Teks
S_KPI_ 191510093_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (589kB)
[img] Teks
S_KPI_ 191510093_BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Teks
S_KPI_ 191510093_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstrak

Kritik sosial adalah suatu bentuk komunikasi dalam masyarakat yang tujuan atau fungsinya adalah untuk mengontrol jalannya suatu sistem sosial atau proses sosial. Dengan latar belakang inilah kritik sosial menjadi variabel penting dalam memelihara sistem sosial. Dalam peran kritik sosial, berbagai perilaku sosial atau individu yang menyimpang dari tatanan sosial dan nilai-nilai moral sosial dapat dicegah. Kritik sosial merupakan terobosan sosial yang dapat digunakan baik sebagai sarana mengkomunikasikan ide-ide baru maupun sebagai sarana evaluasi ide-ide lama untuk perubahan sosial. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana makna deinotasi dan konotasi dan mitos dalam lirik lagui neigara luicui karya Einaui? 2) Bagaimana reipreiseintasi kritik sosial dalam lirik lagui neigara luicui karya einaui? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Uintuik meingeitahui makna deinotasi dan konotasi dan mitos dalam lirik lagui neigara luicui karya einaui. 2)Uintuik meingeitahui reipreiseintasi kritik sosial dalam lirik lagui neigara luicui karya Einaui. Metode penelitian yang menggunakan semiotika Roland Barthes sebagai teknik analisisnya karena sebagaimana dijelaskan oleh Kholifah dan Suyadna bahwa Roland Barthes melalui tulisan-tulisannya menjadi salah satu orang yang pertama kali melakukan adaptasi semiotika ke dalam kajian budaya, sehingga Semiotika Roland Barthes merupakan teknik yang paling sesuai dengan objek penelitian yang sudah dipilih Setelah itu peneliti mendeskripsikan pesan-pesan kritik sosial yang terkandung dalam lirik lagu yang telah dipilih menjadi unit analisis dengan menggunakan teori semiotika yaitu denotatif, konotatif dan mitos yang dikemukakan oleh Roland. Makna denotasi, konotasi dan mitos dalam Lirik tersebut mengekspresikan kekesalan terhadap orang-orang yang menyatakan bahwa mereka bersekolah, tetapi tidak memiliki kemampuan berpikir yang fleksibel atau mampu mengubah pola pikir mereka dan memiliki gaya hidup yang tidak sesuai dengan keadaan. Kritik ini mencerminkan masalah dalam masyarakat di mana banyak orang terburu-buru untuk mencari jawaban atau informasi tetapi tidak mau meluangkan waktu untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam melalui membaca atau belajar. Pada lagu Negara Lucu dapat disimpulkan sebagai bentuk kritik sosial. Lagu tersebut digunakan sebagai media dalam menyampaikan gagasan-gagasan dalam berpendapat, yang dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan kritik sosial.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Lagu, Kritik Sosial, Semiotika
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 899 Austronesian & other literatures
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2024 03:41
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2024 03:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.