Pengaruh Strategi Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas XI SMK IT Al-Halim Bojong)

Mutawali, Abdul Fikri (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas XI SMK IT Al-Halim Bojong). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210164_Cover.pdf

Download (128kB)
[img] Teks
S_PAI_191210164_Lampiran Depan.pdf

Download (778kB)
[img] Teks
S_PAI_191210164_BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Teks
S_PAI_191210164_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (486kB)
[img] Teks
S_PAI_191210164_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img] Teks
S_PAI_191210164_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (307kB)
[img] Teks
S_PAI_191210164_BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
S_PAI_191210164_Daftar Pustaka.pdf

Download (400kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan Strategi Pembelajaran Circuit Learning jika diterapkan di Kelas XI Smk It Al-Halim Penelitian ini dilatar belakangi oleh sering ditemukanya pembelajaran yang pasif yang akhirnya menimbulkan kejenuhan terhadap siswa sehingga hasil belajar pun menurun. Maka dari itu peranan pendidik sangatlah penting dalam memilih model pembelajaran yang cocok untuk digunakan. Stategi pembelajaran Circuit Learning adalah suatu strategi pembelajaran yang berpola ( pembelajaran Berputar), yang memaksimalkan pemberdayaan pikiran dan perasaan dengan pola penambahan (adding) dan dan pengulangan (Repetition). Singkatnya adalah kondisikan situasi belajar kondusif dan fokus, siswa membuat catatan kreatif sesui dengan pola pikirnya, peta konsep, bahan khusus, tanya jawab dan refleksi. Untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran Circuit Learning pada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pai di Kelas XI Smk It Al-Halim. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experiment yaitu pretest-Posttest Control group Design. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, tes pret-test serta post-tes dan dokumentasi.Kesimpulan yang di peroleh dari hasil penelitian ini adalah: Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pai di Smk It Al-Halim sebelum menggunakan strategi pembelajaran Circuit learning dalam segi fisik dan mental pada proses pembelajaran masih rendah dan masih kurangnya respon siswa untuk menerima stimulus dari guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 55 dan kelas kontrol memiliki skor sebesar 45. Dan Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah di terapkannya strategi Circuit Learning terhadap mata Pelajaran pai di kelas eksperimen sangatlah signifikan karna melihat dari pengamatan hasil nilai pretest dan posttest yang mana sangatlah tinggi peningkatannya ini menjawab permasalah hasil nilai siswa biasanyah di bawah nilai kkm namun Ketika di terapkan stategi ini, dari nilai rata-rata kkm sebelumnya 55, setelah dilakukanya perlakuan meningkat hingga 85. Serta Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Circuit learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pai berdasarkan analisis uji-t yaitu uji dua pihak yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Circuit learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pai yaitu dengan kriteria pengujian nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dan nilai yang diperoleh ialah sig. 0,003 < 0,05 maka Ha diterima. Itu berarti stategi pembelajaran Circuit Learning, berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sebagaimana telah di buktikan dari hasil penjumlahan statistic antara kelas experiment dan kontrol.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Pembelajaran Circuit Learning Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pai
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Apr 2024 07:01
Perubahan Terakhir: 23 Apr 2024 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14515

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.