Strategi Komunikasi SULTANTV dalam Merancang Program Bincang Hari Ini

Nurhaliza, Siti (2024) Strategi Komunikasi SULTANTV dalam Merancang Program Bincang Hari Ini. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510078_Cover.pdf

Download (110kB)
[img] Teks
S_KPI_191510078_Lampiran Depan.pdf

Download (610kB)
[img] Teks
S_KPI_191510078_BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Teks
S_KPI_191510078_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (313kB)
[img] Teks
S_KPI_191510078_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (115kB)
[img] Teks
S_KPI_191510078_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (594kB)
[img] Teks
S_KPI_191510078_BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Teks
S_KPI_191510078_Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)

Abstrak

Perkembangan dunia komunikasi memang tidak dapat terlepas dengan fasilitas yang namanya internet dan media online. Berbagai fasilitas tersebut merupakan alternative yang efektif dalam upaya menghubungkan individu satu dengan individu lainnya agar terjalin hubungan mitra pembangunan yang harmonis, dan saling menguntungkan. Saat ini Indonesia sedang memasuki era digital berbasis online. Orang lebih suka menonton program digital berbasis online daripada menonton siaran TV konvensional. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Strategi Komunikasi SULTANTV dalam Program Bincang Hari Ini? 2. Bagaimana SULTANTV dalam merancang tema program Talkshow Bincang Hari Ini? Penelitian ini bertujuan: 1. Mengetahui Strategi Komunikasi SULTANTV dalam Program Bincang Hari Ini 2. Mengetahui SULTANTV dalam merancang tema program Talkshow Bincang Hari Ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu dengan melakukan penelitian langsung kelapangan untuk mencari dan mengumpulkan data yang diperlukan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian pada siaran SULTANTV Serang, dapat dijelaskan beberapa strategi komunikasi pada Program siaran talkshow Bincang Hari Ini berdasarkan enam tahapan prinsip dasar sebagaimana fungsi teori perencanaan strategi komunikasi menurut John Middleton. Secara menyeluruh kegiatan program kerja yang direncanakan oleh SULTAN TV Serang sudah terealisasi. Berdasarkan uraian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan program siaran talkshow Bincang Hari Ini di Kantor SULTANTV Serang menerapkan manajemen strategi komunikasi yang baik yaitu dengan adanya pelaksanaan alur program siaran yang berhasil tayang dan sampai kepada khalayak. Program tersebut dijalankan dengan menerapkan kaidah prinsip dasar perencanaan strategi komunikasi yaitu Analisis Audience dan kebutuhan, Penentuan Sasaran Komunikasi, Menentukan Saluran, Pesan dan Penerima, Penetapan Management Objektif, Implementasi Perencanaan yang melingkupi Sumberdaya dan waktu serta Evaluasi yang meliputi Evaluasi Formatif dan Evaluasi Summative. Penerapan fungsi tersebut mewujudkan peningkatan program pada siaran SULTANTV Serang. Dengan melakukan pengontrolan tersebut merupakan suatu usaha memaksimalkan kembali program siaran yang ada dengan cara memperhatikan respon berupa masukan-masukan yang diberikan oleh penonton terhadap program acara bincang hari ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Program Siaran, Strategi Komunikasi, SULTANTV
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Apr 2024 04:34
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 04:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14465

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.