Problematika Pembelajaran Tematik Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas V SD Peradaban Cilegon

Susi, Susi (2024) Problematika Pembelajaran Tematik Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas V SD Peradaban Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240100_Cover.pdf

Download (60kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240100_Cover.pdf

Download (60kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240100_Lampiran Depan.pdf

Download (573kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240100_BAB I.pdf

Download (247kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240100_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (424kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240100_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (131kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240100_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (289kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240100_BAB V.pdf

Download (171kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240100_Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran tematik, problematika pembelajaran tematik, dan mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika pembelajaran tematik pada anak berkebutuhan khusus di kelas V SD Peradaban Cilegon. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran tematik pada anak berkebutuhan khusus belum sepenuhnya dapat berjalan dengan baik. Adapun problematika yang terjadi pada siswa dalam pembelajaran tematik yaitu terlihat siswa masih kesulitan untuk melakukan beberapa kegiatan pembelajaran tematik di kelas seperti mengamati, menganalisis, berdiskusi dan mengikuti evaluasi pembelajaran. Adapun upaya yang dilakukan guru yaitu melakukan pendekatan lebih intensif, bekerja sama dengan wali murid, menggunakan media dalam belajar, melakukan pembelajaran di luar dan mengikuti pelatihan atau pembinaan. Dan solusi yang diberikan sekolah yaitu dengan mengadakan rapat atau pertemuan, mengadakan program-program di sekolah, memfasilitasi sarana prasarana yang di butuhkan, mengikuti pembinaan, pelatihan-pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) yang diadakan oleh pemerintah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Problematika Pembelajaran Tematik, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Apr 2024 02:23
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.